Thursday, July 2, 2009

Jam Buka Pelayanan

. Thursday, July 2, 2009

Layanan pelanggan (customer service) memuaskan bisa diungkapkan dengan kata “respek”, yaitu menghormati waktu pelanggan dan keinginan pelanggan. Pelanggan akan puas jika keinginan-keinginanya terpenuhi. Satu hal yang penting untuk memuaskan pelanggan adalah masalah waktu, yaitu jam buka.


Jika saya berangkat pagi-pagi ke kantor atau lari pagi pada waktu Hari Minggu, saya selalu menemukan seorang penjual bubur ayam yang sudah buka pagi-pagi dekat rumah saya. Yang berbelanja biasanya orang-orang kantoran yang tidak sempat sarapan pagi di rumah. Kalau hari Minggu, mereka yang suka olah raga pagi termasuk saya ini.


Nampaknya banyak pelanggan yang sudah tahu bahwa penjual bubur ayam ini pagi-pagi buta sudah buka, dan hal ini dilakukan secara konsisten. Di saat penjual bubur ayam ini sudah buka, pedagang bubur ayam yang lain ‘masih tidur’. Tentu saja mereka kalah dibandingkan dengan penjual bubur ayam ini karena para pelanggan membutuhkan bubur ayam pagi-pagi.

Sebuah toko foto copy di Taman Sari, juga melakukan hal yang sama. Toko ini selalu ramai dikunjungi pelanggan dibandingkan toko foto copy yang ada disebelahnya. Saya bisa foto copy buku atau dokumen yang diperlukan sekalian lewat ke kantor pagi-pagi sekali. Cicle K bahkan buka 24 jam 7 hari seminggu untuk melayani pelanggan. Dulu, mencari apotik yang buka di Hari Minggu sungguh sulit, namun sekarang ini, sangat mudah menemukan apotik yang buka 24 jam setiap hari.

Dulu.., kantor pos utama membuka layanan dengan membuka beberapa loket sampai malam (jam 09.00) untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. Namun karena animo masyarakat menggunakan jasa pos pada malam hari sangat sedikit, maka saat ini loket yang dibuka dikurangi namun pelanggan masih bisa menggunakan layanan pos sampai malam.

Banyak bank yang siap menerima komplain pelanggan dalam 24 jam setiap hari. Ini untuk memudahkan pelanggan menghubungi customer service jika memerlukan bantuan atau pelayanan tertentu.

Jika Anda ingin memuaskan pelanggan, layani pelanggan kapan biasanya mereka membutuhkan Anda. Evaluasi jam buka atau tutup pelayanan Anda dengan mempertimbangkan permintaan pelanggan, situasi masyarakat sekitar, persaingan maupun peraturan-peraturan yang mungkin menghambat (misalnya perizinan).

Atau mungkin Anda bisa membuka layanan pada jam-jam tertentu jika ada acara yang spesial. Jika dilakukan secara konsisten, pelanggan Anda akan tahu jam buka pelayanan Anda. Mereka adalah pelanggan yang potensial.

Jadi, bukalah pelayanan saat yang lain masih tutup, dan jangan tutup jika Anda mestinya masih buka. Berikan kepuasan layanan pelanggan dengan menerapkan aspek “respek” ini.
Selamat berkarya.

4 comments:

Anonymous said...

pelayanan kantor pos sampai dgn jam berapa ya?

armand said...

kalo hari sabtu POS Indonesia Buka ga?

PT. PUNDI KENCANA said...

Kalao kantor bos biasa buka sampai jam berapa ada yang tau ga ya, saya pulang kerja jam 15.00

Anonymous said...

di Denpasar, jln Puputan buka sampe malam (18:00), sabtu juga tetap buka

Post a Comment