Thursday, July 2, 2009

Selalu siap membantu

. Thursday, July 2, 2009

“Ada yang bisa saya bantu ?” Begitulah jawaban yang sering kita terima kalau kita menghubungi layanan pelanggan suatu perusahaan. Jawaban seperti ini menunjukkan bahwa layanan pelanggan (customer service) perusahaan ini selalu siap untuk membantu pelanggan.


Beberapa waktu yang lalu, saya mengantar teman saya dari luar kota ke suatu factory outlet di Jalan Riau Bandung. Pramuniaga ini begitu antusiasnya melayani kami sebagai pelanggan, mulai dari mencarikan fashion yang diminta, mengantarkan kami ke tempat fashion yang sesuai dengan jenis fashion yang kami minta, sampai kepada memberikan saran-saran tentang fashion yang cocok bagi kami.

Luar biasa layanan pelanggan ini, sampai-sampai teman saya bilang, “Kalau butuh fashion kita ke sini lagi karena selain lengkap, petugasnya 'enak banget' diajak diskusi dan melayani kita”. Memang begitulah harusnya seorang layanan pelanggan (customer service) bersikap kepada pelanggan.

Di unit atau bagian kerja sebelumnya, saya mempunyai staff yang luar biasa : “selalu siap membantu” atau dengan kata lain “ringan tangan”. Bahkan dia sangat responsif, tidak disuruh pun, dia bisa mengambil inisiatif sendiri jika ada masalah-masalah yang harus diselesaikan. Saat ini pun, meskipun saya sudah memimpin unit yang lain, staff ini selalu membantu saya. Tidak diminta pun ! Sifatnya yang suka membantu tanpa pamrih ini membuat semua orang menyukainya. Jika karyawan ini tidak ada atau absen, banyak orang yang merasa kehilangan.
Bukan saja kepada karyawan, bahkan sifat siap membantu ini juga diterapkan kepada pelanggan. Jika menemukan masalah, banyak pelanggan yang suka menghubungi langsung karyawan ini. Pelanggan pun jadi mengenal dengan baik karyawan ini.

Teman saya bercerita, bagaimana dia sangat mengenal pelanggan bahkan sampai mengenal keluarganya termasuk anak-anak mereka. Bahkan teman saya ini sering diminta untuk membantu hal-hal yang tidak berkaitan langsung dengan pekerjaan atau pelayanan yang diberikan. Namun semuanya itu dilakukan tanpa ada suatu beban baginya. Teman saya ini selalu siap membantu pelanggan, kapan pun bahkan pada saat itu pula jika memang menungkinkan.

Banyak orang yang menyukai sifat-sifat karyawan seperti ini. Pelanggan akan puas jika karyawan kita selalu siap membantu pelanggan, selalu siap membantu karyawan lain. Atasan Anda atau rekan Anda akan puas jika Anda selalu siap membantu mereka.

Jadi pelayanan yang memuaskan dapat diraih jika seluruh customer service Anda selalu siap membantu pelanggan.

0 comments:

Post a Comment