Monday, July 20, 2009

Tukang Rumput

. Monday, July 20, 2009

Setiap 2 bulan sekali, 2 orang tukang rumput ini datang mengunjungi klien nya di setiap rumah yang menjadi langganannya. Banyak orang yang menjadi langganannya, padahal cukup banyak tukang rumput yang menawarkan jasa pemotongan rumput di rumah-rumah penduduk. Tetapi orang-orang yang tinggal di lingkungan saya lebih menyukai tukang rumput ini. Bahkan untuk lingkungan RW sendiri, Ketua RW menggunakan jasa si tukang rumput ini.
Setiap orang yang menggunakan jasa kedua tukang rumput berkomentar baik dan puas dengan pelayanan mereka.

Mengapa begitu banyak orang yang mempercayakan jasa pemotongan rumput ini kepada orang tersebut ? Menurut analisis saya, ada beberapa alasan yang menyebabkan orang-orang menaruh kepercayaan kepada tukang rumput ini.

Jujur : Orang ini sangat jujur, meskipun ditinggal pergi pada waktu memotong rumput, orang ini dapat dipercaya untuk menyelesaikan tugasnya, termasuk keamanan rumah. Tidak jarang, orang pura-pura menawarkan jasa, tetapi kemudian malah mencuri beberapa barang yang ada di rumah ketika penghuninya lengah.

Percaya : Dengan kejujuran tukang rumput ini, orang-orang menjadi percaya kepadanya sehingga menjadi langganan tetapnya. Dengan kejujuran tukang rumput ini pula, setiap orang akan merasa nyaman untuk selalu berhubungan dengan mereka.

Tanggung jawab : Tukang rumput ini tahu kapan harus memotong rumput, seolah tahu ‘umur’ rumput-rumput ini. Dengan mengetahui kapan harus datang memotong rumput, penghuni rumah tidak perlu kawatir kalau-kalau tukang rumput ini tidak akan datang. Ini seolah menjadi jaminan bahwa pada saat tertentu rumput akan dipotong.

Profesional : Bukan hanya orang kantoran yang profesional, seorang tukang rumput pun harus profesional. Setiap datang memotong rumput, mereka selalu membawa perlengkapan yang lengkap yaitu gunting rumput, sapu, kantong goni, dan serok. Mereka kelihatan tampil meyakinkan dan bekerja cekatan melalui tangan-tangannya yang lincah dan guntingnya yang tajam. Hasilnya… jelas tidak usah disebutkan lagi, pekerjaannya dijamin rapi.

Setelah memotong rumput, mereka tidak membuang sampahnya ke tong sampah di depan rumah (padahal tong sampah nya cukup besar danmampu menampungnya), tetapi mereka membawanya jauh ke tempat pembuangan sampah.

Ramah : Kedua tukang rumput ini walaupun mungkin tidak lulus SD, namun kelihatannya ramah. Mereka melayani dengan sabar setiap orang yang dilayaninya. Meskipun ada orang yang menyuruhnya begini begitu (maksudnya menyelesaikan pekerjaan tambahan di luar pekerjaan memotong rumput) atau meminta layanan tambahan, namun semua dikerjakannya dengan baik, tidak pernah mengeluh atau menggerutu. Tidak banyak omong, tetapi tekun bekerja, itulah sifatnya. Bahkan kadang tidak diminta pun, mereka secara proaktif membantu membersihkan hal-hal yang mungkin bukan menjadi tanggung jawabnya.

Demikianlah, setiap orang senang berhubungan dengan mereka, sehingga hampir bisa dipastikan, mereka seolah menjadi monopoli untuk pemotongan rumput di lingkungan perumahan saya.

Kedua tukang rumput ini mampu memberikan kepuasan bagi pelanggan-pelanggannya sehingga pelanggannya selalu menggunakan jasanya, bahkan merekomendasikan kepada orang lain.

Apa pun bisnis Anda, semua hal di atas perlu dipertimbangkan agar pelanggan Anda selalu berhubungan lagi dengan Anda. Ingat lah, orang yang puas akan merekomendasikan jasa Anda. Doronglah pelanggan yang sama untuk membeli dari Anda melalui penciptaan kepuasan pelanggan.

0 comments:

Post a Comment