Wednesday, July 22, 2009

Know Your Customer

. Wednesday, July 22, 2009

Pendapatan perusahaan berasal dari pelanggan. Perusahaan Anda tidak akan berumur panjang kalau Anda tidak memelihara pelanggan Anda. Dalam marketing dan pelayanan pelanggan, sering dikatakan bahwa pelanggan adalah darahnya perusahaan. Bayangkan, tubuh kita tanpa darah. Begitu juga dengan bagi perusahaan, pelanggan Anda menentukan keberlangsungan hidup perusahaan Anda.

Oleh karena itu sudah seharusnya Anda memahami pelanggan-pelanggan Anda. Perusahaan-perusahaan yang gagal, jika dicari penyebabnya adalah karena mereka tidak memahami pelanggannya. Jika Anda tidak memahami pelanggan Anda, lalu bagaimana Anda melayani dan memuaskan pelanggan Anda.


Memahami pelanggan Anda tidak hanya berarti pelanggan-pelanggan Anda saat ini, tetapi juga berarti pelanggan pesaing Anda dan pelanggan potensial Anda. Pelanggan juga berarti pelanggan perantara, misalnya toko/ retail yang menjual barang Anda seperti Yogya Dept Store, Matahari atau Indomaret dll dan pelanggan akhir yaitu yang menggunakan produk Anda.

Tidak selalu mudah untuk mengetahui siapa pelanggan Anda sesungguhnya. Namun orang yang efektif, sangat mahir mencari tahu pelanggan-pelanggan mereka.

Ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk mengetahui pelanggan Anda yaitu :

  • Who (siapa yang membeli dan menggunakan produk Anda).
  • What (apa yang dibeli dan bagaimana menggunakannya).
  • Where (di mana mereka membeli).
  • When (kapan mereka membeli).
  • How (bagaimana mereka membeli).
  • Why (mengapa mereka menyukai produk Anda).
  • Will (Apakah mereka akan membeli produk Anda lagi).

Contoh untuk mengetahui pelanggan Anda dengan menggunakan tools tersebut di atas, misalnya perusahaan Anda adalah perusahaan pencuci pakaian (laundry).

  • Who : adalah para remaja dan mahasiswa yang indekost, belum menikah.
  • What : mereka menggunakan jasa cuci lengkap untuk pakaian kerja dan pakaian sehari-hari.
  • Where : mereka umumnya berlokasi di sekitar kampus dan menghendaki jasa yang mudah dihubungi (dekat dengan tempat kost)
  • When : Menggunakan jasa secara mingguan umumnya pada hari Sabtu.
  • How : Mereka lebih senang kalau pakaian mereka dijemput dan diantar.
  • Why : harga yang terjangkau , dan praktis.
  • Will : Umumnya mereka mengunakan kembali jasa laundry tersebut (berulang-ulang.
Pertanyaan tersebut di atas adalah pertanyaan mendasar untuk mengetahui pelanggan-pelanggan Anda. Cobalah analisa customer Anda dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut.

0 comments:

Post a Comment