Friday, July 24, 2009

Easy to Access

. Friday, July 24, 2009

Di rumah saya, sering saya menerima berbagai jenis brosur mulai dari tukang ledeng, sepeda motor sampai penjualan mobil. Ada yang dikemas dengan sangat rapi, dibungkus plastik, di laminating dan diberi tali yang cukup kuat untuk dapat digantungkan pada tempat tertentu, dan dibuat sedemikian rupa sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu lama.

Dalam istilah penjualan, kegiatan ini sering disebut dengan farming. Namun ada juga yang menggunakan kertas seadanya yaitu dengan kertas berwarna foto copy yang tentu saja jenis ini akan mudah rusak.

Dalam brosur ini dimuat secara rinci produk yang ditawarkan termasuk bagaimana Anda bisa menghubungi mereka melalui nomor telepon yang disediakan. Ada juga yang sangat lengkap karena mencantumkan email dan website perusahaan.

Jika Anda bertemu dengan calon pelanggan, tentu Anda sudah mempersiapkan kartu nama bukan? Kartu nama adalah sarana Anda untuk memperkenalkan diri Anda. Biasanya akan sulit bagi pelanggan untuk mengingat nama Anda dengan lengkap tanpa melalui kartu nama. Dalam kartu nama minimal tercantum nama, perusahaan Anda, alamat kantor, telepon kantor.

Ini adalah berbagai cara agar calon pelanggan Anda mudah menemukan Anda jika mereka membutuhkan jasa Anda. Banyak cara yang dapat dilakukan bagaimana agar pelanggan Anda mudah menghubungi Anda.

Buat desain yang baik dan tahan lama sehingga pelanggan bersedia menyimpannya. Tung Desem menyarankan dengan membuat stiker yang juga mencantumkannomor telepon penting sekitar kita seperti nomor telepon PLN terdekat, gangguan kebakaran, gangguan telepon, ambulans, gawat darurat 24 jam, dan terakhir baru tulisan kita. Maksudnya, jika telepon-telepon itu sangat penting, pelanggan pasti akan menyimpannya.

Yang penting jangan ada hal-hal kecil yang disembunyikan dari pelanggan. Ada yang mempunyai prinsip, di rumah khan bukan urusan kantor. Atau saya bekerja selama 8 jam sehari, jadi kalau di rumah handphone saya matikan. Lalu bagaimana pelanggan Anda menghubungi Anda kalau tiba-tiba mereka membutuhkan informasi dari Anda?

Permudahlah pelanggan untuk mendapatkan Anda, untuk menghubungi Anda. Jangan salahkan pelanggan kalau pelanggan sulit menemui Anda. Itu karena Anda tidak memberikan informasi yang lengkap kepada pelanggan, mereka akan sulit menghubungi Anda. Anda harus membuka diri Anda selama 24 jam sehari.

Saat ini sudah tersedia sarana-sarana melalui jaringan virtual untuk memudahkan pelanggan Anda menemui Anda, misalnya email, website atau Anda bisa menunjukkan Anda atau perusahaan Anda melalui facebook.

Anda sebaiknya memberikan semua fasilitas yang bisa diakses oleh pelanggan Anda. Berikanlah sarana yang lengkap untuk dapat mengakses Anda. Cantumkan atau berikan sarana akses melalui sarana berikut ini :
· Alamat rumah
· Alamat kantor
· Nomor handphone
· Telepon kantor
· Telepon rumah
· Email
· Faximile
· Situs Web

Mudah untuk dihubungi berarti Anda sudah memberikan pelayanan yang luar biasa kepada pelanggan.

Make easy to acsess, and you will be better to service.

0 comments:

Post a Comment