Apa itu USP ? USP atau Unique Selling Proposition atau sering juga disebut dengan Unique Selling Point secara sederhana dapat dijelaskan sebagai kelebihan produk atau perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing. Jadi USP adalah keunikan dan keunggulan perusahaan Anda dibandingkan pesaing. Unik saja tidak cukup, tapi juga harus unggul atau lebih dibandingkan pesaing. USP juga dapat dikatakan sebagai janji perusahaan kepada pelanggan-pelangganya.
Banyak perusahaan yang saat ini tanpa disadari sebenarnya sudah menggunakan konsep USP untuk mengkampanyekan perusahaan atau produknya melalui slogan-slogan perusahaan .
Misalnya, kalau suatu rumah makan menyampaikan slogan seperti ini : “fresh and higieness”. Apa yang Anda pikirkan kalau mendengar slogan tersebut ? Perusahaan tersebut ingin menyampaikan kepada pelanggan bahwa produknya unggul karena “fresh dan higieness”. Jadi bukan karena makanannya enak !
Contoh lainnya, sebuah perusahaan kurir melontarkan slogan : “Overnight delivery”, berarti bahwa perusahaan tersebut berjanji bahwa perusahaan sanggup mengantarkan produknya hanya dalam satu malam. Kemungkinan perusahaan lain belum ada yang bisa memberikan jasa tersebut, atau perusahaan tersebut unggul untuk overnight delivery.
Sebuah supermarket mengklaim bahwa produk-produk yang dijual lebih murah dari supermarket lainya. Ini adalah USP bagi perusahaan tersebut !
Ada dua manfaat utama yang akan Anda peroleh dalam membangun USP, yaitu pelanggan akan mudah membedakan produk atau perusahaan Anda dari perusahaan pesaing Anda. Selain itu, pelanggan akan menerima manfaat atau merasakan kelebihan-kelebihan perusahaan Anda dan tim Anda akan focus bagaimana menawarkan atau mengelola keunggulan atau keunikan produk Anda.
Pelanggan Anda akan mudah mengingat USP Anda melalui slogan-slogan yang Anda tampilkan. Tapi selain dengan slogan, kelebihan-kelebihan perusahaan Anda dapat ditampilkan dengan kampanye periklanan yang menunjukkan kelebihan perusahaan Anda dibandingkan pesaing.
USP bisa berubah mengikuti perkembangan lingkungan dan proses bisnis. Tentunya, keunikan dan keunggulan tersebut harus dikelola secara terus menerus dan konsisten.
Kenali USP perusahaan Anda, sempurnakan dan kemudian sampaikan USP tersebut kepada pelanggan dengan slogan-slogan yang menarik atau dengan periklanan yang menarik.
Jika Anda konsisten memelihara USP tersebut maka USP akan menjadi sarana untuk memenangkan persaingan.
About Me
- I Made Wirya Saputra, SE, MM
- Seorang dosen, trainer dan praktisi serta pengamat di bidang marketing, manajemen, dan bisnis.
Labels
- Berita Pendidikan (2)
- Customer Service (12)
- Kepuasan Pelanggan (7)
- Logistik (4)
- Manajemen (10)
- Marketing (41)
- Motivasi (56)
- Pelayanan Memuaskan (27)
- Quotes (1)
- Self Improvement (11)
- Selling (11)
- Time Management (2)
Blog Archive
-
▼
2009
(101)
-
▼
June
(18)
- Marketing Concept
- Motivasi Sukses
- DAYA SAING (COMPETITIVE ADVANTAGE)
- Bank Emosi Anda
- Fleksibel
- Motivate yourself
- Marketing : Start from setting goals
- USP Untuk Memenangkan Persaingan
- Zona Kenyamanan
- Marketing Mix
- Keteladanan
- Kepuasan pelanggan
- 10 Hukum Motivasi
- Quality is Our Tradition !
- I love Monday
- Crowd Marketing
- Look Professional
- Be a sniper, not just Rambo
-
▼
June
(18)
Friday, June 19, 2009
USP Untuk Memenangkan Persaingan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
3 comments:
Nice post. Lagi mendalami USP nih mas... Makasih buat postingannya..
"Unique Selling Point secara sederhana dapat dijelaskan sebagai kelebihan produk atau perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing." Terima kasih banyak atas informasinya :)
terbaik..unik adalah unik hehe
Post a Comment