Saturday, June 20, 2009

Motivate yourself

. Saturday, June 20, 2009

Berdasarkan teori motivasi, pada dasarnya seseorang dapat digolongkan ke dalam kelompok X (teori X) atau ke dalam kelompok Y (menurut teori Y). Mereka yang meyakini teori X berkeyakinan bahwa orang tersebut pada dasarnya adalah pemalas. Mereka harus dimotivasi secara terus menerus. Sedangkan mereka yang meyakini teori Y menyatakan bahwa pada dasarnya orang mampu mengatur dirinya sendiri dan mampu memotivasi dirinya sendiri.

Tidak masalah apakah Anda termasuk orang dengan teori X atau teori Y, yang jelas Anda harus memotivasi diri Anda sendiri. Pernahkah Anda mendengar orang mengatakan,”ini adalah pekerjaan yang buruk, saya tidak mampu mengerjakannya”. Atau ,“Untuk apa saya bekerja keras, begini saja sudah cukup”.

Pada dasarnya orang termotivasi karena ada suatu tujuan yang lebih baik dari saat ini. Kenali diri Anda, apakah Anda ingin kondisi finansial lebih baik dari saat ini ? Apakah Anda ingin karir yang lebih baik ? Apakah Anda ingin kebebasan untuk mempunyai usaha sendiri ?

Atau coba renungkan, pernahkan Anda mengalami hal-hal seperti ini : Anda melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai, atau Anda lebih suka menghabiskan waktu santai atau mengerjakan pekerjaan lain atau melakukan hal-hal lain yang lebih menyenangkan sementara Anda harus dihadapkan pada suatu tugas yang segera harus diselesaikan ? Atau Anda menghadapi pekerjaan yang sangat berat, rumit, atau sulit dan bingung dari mana memulainya ?
Lalu apakah Anda secara terus menerus mengharapkan boss Anda, istri Anda, orang tua, atau teman Anda untuk memotivasi diri Anda ? Anda tidak selamanya bisa mengandalkan orang lain memotivasi diri Anda. Mereka sangat sibuk, mereka mempunyai urusan sendiri, mereka berpikir Andalah yang harus memotivasi diri Anda sendiri.

Itu semua membutuhkan motivasi dari Anda sendiri. Memotivasi diri sendiri sangatlah penting. Apa pun alasannya, Anda perlu cara-cara memotivasi diri Anda. Anda tidak bisa mengandalkan orang lain untuk memotivasi Anda karena hal tersebut adalah pekerjaan yang sia-sia. Mereka yang mengharapkan orang lain memotivasi diri mereka berarti mereka telah melepaskan kontrol terhadap masa depan mereka dan mengesampingkan tanggung jawab kepada keberhasilan mereka sendiri.

Bagaimana caranya untuk memotivasi diri sendiri. Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Modelling. Pilihlah model atau orang sukses dalam usaha yang layak dihormati atau memberikan reputasi yang terhormat. Pelajari riwayat hidupnya dan semangatnya. Model ini harus mampu menyalakan semangat dan membangkitkan Anda.

Anchoring. Pilihlah dan buatlah pemicu semangat yang tepat, yaitu segala sesuatu yang membuat Anda ingat harapan-harapan dan inspirasi Anda jika melihatnya. Pemicu semangat ini dapat berupa isyarat seperti omelan, ejekan, sindiran, atau hukuman yang akan Anda alami jika tidak melaksanakan pekerjaan tersebut. Atau isyarat yang sifatnya positif seperti reputasi, harga diri, kesuksesan, kondisi finansial yang akan Anda dapatkan.
Pilih yang paling kuat untuk menjadi pemicu semangat Anda. Tempatkan di tempat-tempat yang mudah dilihat seperti di kamar mandi, dashboard mobil, dompet atau komputer. Contoh pemicu semangat : foto orang-orang yang tergantung kepada kesuksesan Anda, benda-benda yang ingin Anda miliki (seperti rumah mewah, mobil dll), tempat yang indah yang menjadi idaman Anda untuk dikunjungi dll. Bisa juga berupa kata-kata mutiara, atau simbol seperti piagam yang akan membuat Anda bangga.

Suara. Saat in ibanyak CD motivasi yang dijual, atau CD berupa lagu-lagu yang dapat menggugah semangat Anda. Belilah dan dengarkan dalam setiap kesempatan, di rumah, maupun di perjalanan .

Tidak cukup sampai di situ, yang penting adalah lakukan mulai saat ini. Buatlah target atau batas waktu, mulailah dari yang kecil, mulai sedikit demi sedikit. Ingat, Anda tidak bisa mengandalkan orang lain untuk memotivasi Anda.

Ibarat binaragawan, Anda tidak bisa menyuruh orang lain untuk berolah raga agar otot Anda bertambah besar. Andalah yang melaksanakannya, Anda lah yang harus memotivasi diri Anda sendiri.

Selamat memotivasi diri sendiri, untuk sukses Anda sendiri.

0 comments:

Post a Comment