Saturday, June 13, 2009

Marketing Mix

. Saturday, June 13, 2009

Jika Anda seorang pemasaran, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah 4P atau yang lebih dikenal dengan Marketing Mix atau bauran pemasaran. 4P meliputi unsur Product, Price, Place dan Promotion. Marketing Mix ini biasa digunakan untuk memperoleh posisi dalam persaingan yang serba kompetitif ini.


Banyak orang melihat strategi pemasaran hanya dengan melihat bauran pemasaran. Meskipun pemikiran tersebut terlalu sempit, namun memahami 4 P secara benar dan utuh akan membantu Anda membuat program-program pemasaran.

Sebagaimana diketahui, ada variabel-variabel yang dapat dikontrol oleh perusahaan, ada pula yang tidak dapat dikontrol perusahaan. Ke empat variable P ini dapat dikontrol oleh perusahaan untuk memperoleh daya saing di pasar. Setiap P harus dianalisis terlebih dahulu sebelum produk ini dijual ke pasar. Karena ke empat P ini saling terkait maka analisisnya pun harus terpadu.
Berikut akan saya uraikan keempat bauran pemasaran tersebut.

Product. Mengapa P pertama didefinisikan sebagai Product dan yang pertama dibahas, bukan yang lain ? P (product) harus didahulukan karena sesungguhnya product adalah pilihan yang strategis. Produk harus dirancang dengan baik termasuk kualitasnya, kemasannya dan keunikan lainnya bila ditempatkan di pasar. Jika Product tidak dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, maka ketiga P yang lain yaitu harga (Price) yang menarik, tempat (Place) yang nyaman, dan Promosi (Promotion) yang menggairahkan tidak ada manfaatnya.

P yang kedua adalah Price atau harga. Harga harus dirancang sampai kepada konsumen akhir. Biaya distribusi harus diperhitungkan dalam penetapan harga, demikian pula jika produk tersebut dijual melalui retail. Aspek lain seperti harga yang ditawarkan pesaing atau positioning produk tersebut di pasar, dan jangka waktu pembayarannya.

Place. Faktor ini juga tidak kalah pentingnya dengan kedua faktor yang disebutkan di atas. Produk harus didistribusikan dengan baik sesuai dengan target pasar yang telah ditetapkan. Kepada siapa produk tersebut akan dijual adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam menempatkan produk. Kualitas suatu produk akan membantu Anda menentukan siapa target market Anda, kemudian di mana produk tersebut ditempatkan. Ada banyak channel atau saluran distribusi yang bisa dimanfaatkan untuk distribusi dan penempatan produk Anda. Semua kebijakan yang menyangkut place sebenarnya bertujuan untuk memudahkan akses pasar atau availibility terhadap produk Anda.

Promotion. Promosi sangat penting ketika memasarkan komoditas. Promosi akan membuat masyarakat aware dengan produk dan perusahaan. Ada berbagai macam media yang tersedia untuk memperoleh awareness publik, seperti koran, televisi, majalah dan media virtual seperti internet. Aspek yang penting dari suatu promosi adalah bagaimana menempatkan produk tersebut di benak konsumen sehingga kemudian konsumen mengingat, membutuhkan dan akhirnya membeli produk Anda.

Pengemasan 4P ini harus dilakukan secara terpadu, tidak boleh secara parsial. Misalnya, sehebat apa pun iklan, jika produknya salah (target pasar, positioning), atau penetapan harga yang keliru, atau distribusi yang tidak tepat, maka pengaruh terhadap penjualan tidak akan berlangsung dengan baik. Ada pepatah yang mengatakan, jika produknya buruk, iklan yang hebat akan mengakbatkan produk itu mengalami kegagalan jauh lebih cepat – karena semakin banyak orang menggunakan, semakin banyak orang yang menyimpulkan bahwa mereka tidak menyukai produk nya.

Sudah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk menganalisis bauran pemasaran ini dengan baik dan terpadu untuk memenangkan pasar.

0 comments:

Post a Comment