Tuesday, June 9, 2009

Quality is Our Tradition !

. Tuesday, June 9, 2009

Demikian motto yang disandang oleh Universitas Gajah Mada pada waktu saya kuliah di sana. Kembali ke Bandung, ternyata di Bandung juga ada kampus yang menyandang motto tersebut. Entah siapa yang mulai lebih dulu, yang jelas kualitas adalah menjadi keharusan bagi setiap perusahaan untuk memenangkan pasar. Kualitas memang seharusnya menjadi tradisi bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan. Dalam pemasaran, kualitas memegang peranan yang sangat penting agar dapat dipercaya oleh pelanggan.

Mau bukti ?

Saya mengamati perusahaan-perusahaan kecil di sekitar rumah saya. Binatu Laundrette, selalu ramai dikunjungi pelanggan, Si Kinclong – sebuah usaha kecil dry clean sungguh laris karena dipercaya pelanggan, bengkel sepeda motor Ahass selalu penuh apalagi di Hari Sabtu dan Minggu, Toko Kue Sari Rasa yang kuenya diperebutkan pelanggan, karena istimewa.

Mengapa mereka selalu dikunjungi pelanggan, mereka mereka terkenal ? Karena mereka semua istimewa ! Istimewa karena produk-produknya atau jasa yang ditawarkan berkualitas. Tanpa kualitas, pelanggan tidak akan kembali lagi menggunakan produk atau jasa mereka. Suatu usaha yang tidak memiliki keistemawaan tidak akan dapat bersaing. Mereka tidak bisa menawarkan produk hanya dengan harga murah kalau kualitasnya diragukan.

Mengapa toko beras yang dekat rumah saya juga laris dan dipercaya pelanggan ? Karena mereka selalu menjaga stok barangnya yang berkualitas. Mereka menyisihkan beras-beras yang kurang laku dan tidak menjual beras-beras yang sudah ‘kedaluarsa’. Mereka percaya, jika mereka menjualnya dan pelanggan kecewa maka pelanggan akan komplain dan menghilangkan kepercayaan pelanggan.

Jadi kualitas adalah nomor satu, dan ini yang membuat mereka istimewa. Laundrette dapat menjadi terkenal karena jasa yang ditawarkan sangat bagus (berkualitas). Setiap pakaian yang di laundry, selalu dibungkus plastik, dengan kemasan yang rapi memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Si Kinclong- bukan hanya sekedar harganya miring, tapi pakaian yang di laundry selalu dijaga agar hasilnya bersih dan rapi pada waktu diambil oleh konsumen. Bengkel Ahass tidak perlu diragukan lagi, dengan sistem, standar pemeriksaaan serta montir-montir yang terdidik dan berpengalaman, motor yang di service selalu dalam standar yang dijanjikan. Toko kue Sari Rasa dapat menjadi terkenal karena menyediakan makanan yang tidak saja enak di lidah, namun juga sehat dan hiegienes.

Mereka semua menjalankan bisnis karena keistimewaan mereka sehingga menjadi terkenal. Semua bisnis perlu membuatnya istimewa di mata pelanggan.

Bagaimana dengan harga murah ? Murah tentu saja harus berkualitas. Jika suatu bisnis tidak memperhatikan kualitas, mereka tidak akan menjadi istimewa. Kesan murah akhirnya dapat bergeser menjadi murahan jika produk tidak berkualitas ?
Masih ingat dengan sepeda motor Cina - Jialing ? Harganya murah, namun karena kualitasnya tidak baik, aftersales service juga kurang, sparepart sulit dicari, semuanya mengecewakan pelanggan. Jialing tidak istimewa di mata pelanggan !

Jadi untuk memulai suatu bisnis dan menang dalam pemasaran, Anda tidak bisa mulai dari menetapkan harga murah. Murah bukanlah diferensiasi (pembeda) di bidangnya. Nomor satu yang harus dipikirkan adalah kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, barulah memikirkan harga murah. Promosi dalam bentuk iklan, diskon maupun distribusi yang hebat tidak akan berhasil baik jika produk Anda tidak istimewa/ berkualitas.

Jadi, dalam pemasaran kualitas adalah nomor satu. Jadikan kualitas sebagai tradisi perusahaan. Tepat seperti perguruan tinggi yang saya sebutkan di atas dengan mottonya : Quality is our tradition !

0 comments:

Post a Comment