Thursday, June 25, 2009

Bank Emosi Anda

. Thursday, June 25, 2009

Anda pasti tahu apa itu rekening bank, tempat kita menyimpan uang. Di sana kita bisa menarik dan menyetorkan sejumlah uang. Tidak setiap orang mempunyai rekening bank, namun dalam kehidupan ini, setiap orang mempunyai rekening bank emosi.

Apa itu bank emosi ? Rekening bank emosi adalah suatu kiasan di mana seseorang bisa mempunyai sejumlah kepercayaan (deposito) dalam membina hubungan. Seperti halnya rekening bank, maka deposito kepercayaan dalam bank emosi ini pun bisa ditarik (di debet) maupun disimpan (di kredit).

Seseorang akan percaya kepada Anda kalau Anda mempunyai deposito bank emosi yang banyak, dan demikian juga sebaliknya. Bahkan deposito yang banyak ini akan mampu menutupi penarikan-penarikan rekening deposito yang Anda miliki. Jika Anda mempunyai kesalahan yang kecil (penarikan atau debet), maka deposito kepercayaan yang ada dalam diri Anda akan menutupinya.

Bagaimana caranya menjaga atau menambah cadangan dalam rekening bank emosi ini ? Anda dapat menambah deposito ke dalam bank emosi Anda dengan melalui kejujuran. Anda sering berlaku jujur kepada teman Anda, maka teman-teman Anda akan senang dengan Anda. Seorang mantan mahasiswa saya bercerita, di tempat kerja dia sangat dipercaya oleh pemilik usahanya (boss). Bahkan bisa dikatakan, dia sekarang menjadi tangan kanannya untuk urusan-urusan bisnisnya.

Pada mulanya boss nya memberikan kepercayaan untuk mengantarkan kiriman. Karena rajin dan JUJUR, maka dia dipercaya untuk mengantarkan sejumlah uang. Selanjutnya jumlah uang yang dipercayakan kepadanya semakin besar. Saat ini dia dipercaya memegang kunci kantor dan brankas dengan tanggung jawab jumlah uang yang cukup besar. Berkat kejujurannya itu pula, dia bahkan sering diminta untuk menemani si boss. Boss nya betul-betul percaya kepadanya. Ini berarti deposito dalam rekening bank emosi nya tersimpan cukup banyak. Kesalahan kecil yang dilakukannya menjadi tidak berarti.

Apa yang terjadi kalau dia kemudian tidak jujur atau berkhianat ? Tentu boss nya tidak akan pernah percaya lagi kepadanya. Deposito dalam rekening bank emosinya akan terkuras, bisa-bisa habis. Berkhianat adalah penarikan yang besar dari deposito Anda, sebaliknya menjaga komitmen atau janji adalah deposito besar.

Cara lain untuk menambah deposito rekening bank emosi Anda adalah dengan melalui kebaikan, keramahan, sopan santun, menepati janji, minta maaf dan setia kepada yang tidak hadir. Sebaliknya Anda bisa mengurangi deposito bank emosi Anda dengan bersikap tidak hormat, semena-mena, berkata kasar, atau berkhianat.

Meminta maaf yang tulus kalau Anda berbuat kesalahan juga pantas dilakukan untuk menambah deposito bank emosi Anda. Berapa banyak kejadian buruk yang terjadi hanya karena seseorang tidak mau meminta maaf, atau kalaupun meminta maaf namun kata-kata atau intonasi yang keluar dari mulutnya tidak tulus.

Tingkat kepercayaan orang lain kepada Anda bisa bertambah tinggi atau berkurang tergantung kepada tindakan-tindakan Anda. Isilah rekening bank emosi Anda dengan hal-hal positif seperti di atas agar kepercayaan teman, rekan atau boss Anda kepada Anda selalu bertambah.

1 comments:

Kecerdasan Emosi said...

Menarik sekali artikelnya!

Post a Comment