Sunday, August 31, 2008

Bagaimana agar menjadi profesional ?

. Sunday, August 31, 2008

Ketika kita dipromosikan untuk menduduki suatu jabatan tertentu, kadang timbul keraguan dalam diri kita, “Apakah saya mampu melaksanakan tugas-tugas yang akan dibebankan nanti ketika menduduki jabatan tersebut?”.

Siapa sih yang tidak bangga bila kita akan cepat dipromosikan, apalagi rekan-rekan kerja kita juga sebenarnya pantas untuk menduduki jabatan tersebut. Kita dipromosikan lebih cepat berarti kita mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan rekan-rekan kerja yang lain. Namun keraguan kadang timbul dalam diri kita.

Pelajaran berikut ini bisa kita ambil bagaimana menjadi dan tampil sebagai seorang profesional sejati.

Ada seorang serdadu yang, ketika diangkat menjadi jenderal, menyadari ia orang termuda dalam sejarah yang pernah dipromoskan sperti itu. Karena kan-itu, wajarlah jika ia merasa bangga dan terhormat akan tetapi sekaligus sangat cemas. Kepada istrinya, ia menjelaskan kecemasannya. Ia tidak yakin sanggup melakukan tugas barunya dan akan dihormati rekan-rekan serta bawahannya. Istrinya memberikan nasihat yang sangat masuk akal :

“Berpikirlah seperti seorang jenderal. Berbicaralah seperti seorang jenderal. Tampilah seperti seorang jenderal. Bertindaklah seperti seorang jenderal… Dan kau akan menjadi seorang jenderal.”

Itulah nasihat terbaik bagi siapa saja yang ingin diakui sebagai seorang profesional sejati. Berpikr, berbicara, dan bertidaklah sepeti seorang profesional, maka Anda akan menjadi seorang profesional.

0 comments:

Post a Comment