Tuesday, August 26, 2008

Tangkap Basah Mereka !

. Tuesday, August 26, 2008

Di dunia kerja, banyak dari kita yang berusaha mencari kesalahan-kesalahan orang lain, kemudian kesalahan tersebut diceritakan kepada orang lain. Mereka bertindak ibarat polisi yang siap menangkap kalau ada kesalahan-kesalahan orang lain.

Tetapi jarang dari kita yang berusaha mencari keberhasilan orang lain. Bahkan kadang kita iri kalau orang lain berhasil atau meraih kesuksesan.

Mencari kesalahan orang lain itu sah-sah saja, sepanjang itu dilakukan dengan proporsional. Artinya, janganlah kita terfokus pada kesalahan-kesalahan orang lain, cobalah juga mencari apa yang telah dilakukannya, apa keberhasilannya. Mencari kesalahan orang lain lebih gampang dibandingkan dengan mencari prestasi seseorang.

Saya pernah menugaskan mahasiswa untuk mencari kebaikan dan keburukan dari suatu kasus yang saya berikan. Dari kasus yang diberikan tersebut, mereka sulit menemukan kebaikan-kebaikan, namun sebaliknya begitu mudah menemukan keburukan-keburukannya dan kemudian mengkritiknya.

Kasus yang sama saya berikan untuk menemukan keburukan dan kebaikan yang ada pada diri mereka sendiri. Mereka menemukan lebih banyak keburukan dibandingkan dengan kebaikan. Begitu sulitnya menemukan kebaikan diri sendiri, entah karena malu mengungkapkannya, atau karena tidak percaya diri atau karena tidak yakin dengan diri sendiri. Apa pun penyebabnya, yang jelas lebih sulit menemukan kebaikan dibandingkan keburukan.

Banyak manajer bisnis yang hanya menyalahkan bawahannya kalau bekerja. Kalau menemukan sedikit kesalahan saja mereka langsung memberikan teguran kepada bawahannya. Apakah dengan menemukan kesalahan-kesalahan tersebut kemudian memberikan efek yang positif bagi orang tersebut ? Jangan-jangan demotivasi-lah yang terjadi.

Bagaimana kalau kita melihat sisi yang lain, yaitu keberhasilan-keberhasilan yang diraihnya ? Seberapa sering Anda memberikan pujian kepada anak buah Anda, rekan sekerja Anda, atau kepada lingkungan Anda. Bandingkan… seberapa sering Anda membicarakan kejelekan atau kesalahan-kesalahan orang lain.

Kita harus sadar bahwa keberhasilan suatu organisasi sangat tergantung kepada bawahan atau rekan sekerja. Ucapan selamat atau sekedar terima kasih akan membangkitkan semangat para karyawan untuk bekerja. Memberikan pujian sebenarrya membantu mereka untuk berkembang. Kebiasaan memberikan pujian seharusnya dilakukan secara terus-menerus.

Berilah pujian kalau mereka menemukan sesuatu yang baru yang berguna bagi perusahaan, sekecil apa pun itu. Dan hargailah prestasi-prestasi mereka. Buka mata lebar-lebar dan perhatikan apa yang terjadi. Kemudian… Tangkap basah mereka saat mereka melakukan sesuatu dengan benar !

Bagaimana pendapat Anda ?

SALAM SUKSES !

0 comments:

Post a Comment