Sunday, August 24, 2008

Prinsip Pareto

. Sunday, August 24, 2008

Prinsip Pareto berasal dari ekonom Italia Vilfredo Pareto. Dia mengamati bahwa 20% perusahaan menyumbang 80% GNP atau Produk Nasioanl Bruto suatu negara. Sedangkan 80% perusahaan lainnya hanya menyumbang 20% GNP sisanya.

Prinsip Pareto atau aturan 20/80 telah diterapkan dalam banyak bidang termasuk manajemen waktu. Prinsipnya, 20% kegiatan menyumbang pada 80% hasil, dan 80% dari kegiatan hanya menyumbang 20% hasil sisanya. Dalam manajemen waktu 20% waktu sering membawa manfaat pada 80% waktu anda.

Dengan prinsip ini, maka yang perlu dilakukan adalah anda memiliki waktu khusus – sebanyak 20%-- untuk melakukan apa yang harus anda lakukan yang mempengaruhi 80% waktu sisa anda.

Contohnya adalah pembuatan rencana harian. Anda mungkin hanya butuh setengah jam untuk itu tetapi manfaatnya anda rasakan seharian. Hari anda pun menjadi lebih efektif. Hal ini juga berlaku untuk rencana mingguan, bulanan, dan tahunan.

Contoh lainnya adalah olah raga. Anda hanya melakukannya 15 menit saja sehari, tetapi akibatnya anda aka tetap bugar dalam waktu 23 jam 45 menit berikutnya.

Contoh lain : banyak materi bacaan yang haruS diperlakukan dengan aturan 20/80 ini, misalnya surat khabar. Anda tidak harus membaca semua isi koran hingga kalimat terakhir. Anda cukup baca sekilas (scanning) kepala beritanya. Kalau menarik, anda baca pokok beritanya. Kalau penting, baru baca keseluruhannya. Kalau tidak perlu, ya lewat saja.

0 comments:

Post a Comment