Sunday, September 14, 2008

Berhenti mengeluh

. Sunday, September 14, 2008

Pernahkan Anda memperhatikan bahwa orang hampir selalu mengeluh dalam kehidupannya. Kepada siapa ia mengeluh ? Apakah dengan mengeluh kemudian dia mendapatkan solusi ?
Orang yang diajak mengeluh biasanya ikut-ikutan membenarkan apa yang dikeluhkan orang tersebut. Jadi sebenarnya kebanyakan orang mengeluh kepada orang yang tidak tepat, yang tidak memberikan solusi atas keluhannya tersebut.

Memang, lebih mudah orang mengeluh kepada orang lain selain risikonya juga lebih kecil. Orang-orang yang mengeluh tidak berani menyampaikan pendapat-pendapatnya tentang masalah yang dihadapi kepada orang yang tepat untuk menyelesaikan permasalahannya.

Katakanlah dia tidak setuju dengan atasannya, karena tidak berani menyampaikan pendapatnya atau berbeda pendapat dengan atasan, maka dia kemudian mengeluhkan masalah tersebut kepada orang lain – orang yang dianggap mempunyai pikiran yang sama dengannya.

Contoh lain lagi, dia tidak bahagia dengan pasangannya karena kemungkinan ada perbedaan prinsip yang diyakininya. Tapi dia tidak berani menyampaikannya kepada pasangannya. Akhirnya dia mengeluh kepada orang tentang perbedaan tersebut.

Apa yang dapat Anda lakukan ?
Untuk tidak mengeluh maka Anda harus mempunyai keberanian untuk menyampaikan pendapat Anda, keberanian menyampaikan pendapat Anda kepada atasan, kepada pasangan Anda atau masalah-masalah yang Anda hadapi kepada orang yang tepat. Kemungkinan atasan Anda akan bisa menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi, karena atasan Anda lah yang bisa menyelesaikannya.

Untuk tidak mengeluh Anda harus melakukan tindakan yang akan mencapai sesuatu yang Anda inginkan. Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil, yaitu berusaha memperbaiki atau tinggalkan situasi tersebut. Lakukan sesuatu untuk mengubahnya, atau Anda keluar dari sana (jika Anda tidak sanggup mengubahnya). Jika Anda menerima keadaan itu seharusnya Anda tidak mengeluh !

Pernahkan Anda mendengar orang yang mengeluh tentang gaya tarik bumi ? Tidak ada tentunya. Mengapa tidak ada ? Karena tidak ada yang bisa diperbuatnya, atau dengan kata lain, mereka semua menerima kondisi tersebut. Jadi agar tidak mengeluh, terimalah kondisi tersebut apa adanya. Kecuali jika Anda ingin mengubahnya, lakukan sesuatu untuk mengubahnya atau jika Anda tidak nyaman di situ, keluarlah dari kondisi tersebut.

Pepatah lama pernah mengatakan “jangan hanya duduk di sana (dan mengeluh), lakukan sesuatu”. Sukses ditentukan oleh Anda sendiri, bukan oleh orang lain. Yang sanggup mengubah Anda adalah Anda sendiri.

Jadi berhentilah mengeluh, lakukan sesuatu untuk mengubahnya.

Salam sukses !

0 comments:

Post a Comment