Monday, September 15, 2008

Mengembangkan Habit

. Monday, September 15, 2008

Kebiasaan adalah sesuatu yang kita lakukan secara berulang-ulang. Jika Anda terbiasa bangun pagi jam 07.00, atau sehabis makan harus merokok dan itu Anda lakukan secara berulang-ulang, itulah kebiasanaan. Kebiasaan bisa baik bisa juga buruk. Baik kalau memberikan manfaat yang positif bagi diri Anda, dan sebaliknya.

Sering kita tidak menyadari akan kebiasaan-kebiasaan kita. Bahkan kebiasaan sudah mempengaruhi pola hidup kita. Jika kebiasaaan-kebiasaan buruk sudah melekat dalam diri kita, maka akan sulit untuk mengubah kebiasaan tersebut. Dan bahkan kebiasaaan tersebut sudah menjadi karakter bagi diri kita.

Misalnya Anda lebih memilih untuk bermalas-malasan setiap pagi tanpa melakukan aktivitas apa-apa. Atau mungkin Anda sering duduk melamun di pagi hari sambil minum secangkir kopi dan merokok – tanpa melakukan aktivitas apa-apa selain minum kopi dan merokok. Cobalah analisis, apa pengaruhnya terhadap Anda. Lama-kelamaan hal itu akan menjadi suatu kebiasaan.

Dapatkah kebiasaan diubah ? Memang akan sulit untuk mengubah kebiasaaan yang sudah menjadi karakter kita. Ibarat kabel, kita menenun seuntai demi seuntai setiap hari dan segera kebiasaan itu tidak dapat diputuskan. Meskipun kuat, namun bukan berarti tidak bisa diubah.
Kebiasaan tersebut dapat dipelajari dan dilepaskan, namun kita tidak bisa mengubah kebiasaan seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan suatu proses dan komitmen luar biasa untuk itu. Jadi kebiasaan sebenarnya dapat diputuskan atau diubah asalkan ada komitmen dan usaha-usaha yang sungguh-sungguh.

Mengubah habit dimulai dari tekad Anda dan komitmen yang kuat dari diri Anda. Hal ini bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil seperti menjadwalkan kegiatan rutin sehingga lama-lama kebiasaan baru akan terbentuk. Paling tidak diperlukan waktu enam minggu untuk mengubah kebiasaan lama Anda menjadi kebiasaan yang baru.

Teman saya mengatakan tidak bisa melepaskan diri dari kebiasaan merokok. Bukannya tidak bisa, tetapi apakah ada kemauan untuk melepaskan habit negatif tersebut. Sekali lagi diperlukan kemauan, tekad dan komitmen.

Orang-orang yang sukses adalah mereka yang mempunyai habit positif. Nah mulai sekarang cobalah renungkan habit Anda yang positif yang memberikan manfaat signifikan bagi kesuksesan Anda, dan lihat serta analisis habit Anda yang negatif. Sukses anda ditentukan habit yang Anda miliki.

Sekarang tergantung kepada Anda, anda mau memilih habit yang positif atau negatif.

0 comments:

Post a Comment