Sunday, September 14, 2008

Mulai dari sekarang !

. Sunday, September 14, 2008

Saya ingat betul ajaran orang tua dulu, untuk memulai suatu usaha , untuk pindah rumah, untuk bertanam, untuk mulai beternak ada hitung-hitungannya. Ini sering dikenal sebagai astrologi. Tentu maksudnya baik dan saya bisa memakluminya. Tapi untuk hal-hal lain, untuk suatu strategi yang cepat, barangkali kita tidak perlu menundanya, tapi langsung untuk memulainya.

Saya jadi teringat dengan tulisan yang dimuat pada kaos yang dibuat oleh Joger “Tidak ada hari yang tidak baik untuk tujuan yang baik”. Kita tidak perlu menunda-nunda waktu lagi. Dalam era yang sekarang ini, pepatah lama yang mengatakan “biar lambat asal selamat” telah tergantikan dengan pepatah baru “siapa cepat dia dapat”.

Jika kita bisa memulainya sekarang kenapa harus ditunda-tunda? Peluang yang ada kemungkinan akan bisa lewat atau didahului oleh orang lain.

Saya sering bertanya kepada mahasiswa saya, “Setelah Anda tamat, Anda mau bekerja di mana?” Banyak yang bingung dan tidak bisa menjawab. Ada yang menjawab bahwa ia ingin bekerja di bank. Lalu apa yang Anda telah Anda lakukan, mulai kapan Anda melakukannya.

Banyak yang suka menunda-nunda waktu “ nanti saja” atau “bagaimana nanti saja”. Untuk mencapai suatu tujuan, langkah-langkah awal akan sangat menentukan hasilnya, dan perlu dilakukan dilakukan sejak dini.

Anda mau menjadi seorang penulis ? Kapan Anda memulainya ? Atau Anda ingin menjadi seorang public speaker yang terkenal, atau Anda ingin menjadi seorang pebisnis ? Jika demikian mulailah dari sekarang , ya… mulai sekarang.

Jika Anda menjadi seorang penulis, cobalah Anda mulai menulis, atau bergabunglah dengan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama. Jika Anda ingin menjadi seorang public speaker, jangan sungkan untuk sering-sering tampil di suatu acara, atau mungkin Anda perlu ambil kursus misalnya. Lakukan mulai sekarang, mulai hari ini !

Anda tidak perlu mengetahui semuanya untuk memulai sesuatu. Ikuti saja permainan tersebut, karena di situlah Anda akan belajar. Belajar untuk mengenal.

Jadi, jangan ragu untuk memulai. Prinsip yang ditulis oleh Joger dalam kaosnya kiranya perlu dijadikan pedoman dalam melangkah. Semua adalah hari baik, dan Anda dapat memulainya sekarang juga.

0 comments:

Post a Comment