Saturday, August 22, 2009

One Stop Service

. Saturday, August 22, 2009

Baru-baru ini saya ke bengkel di dekat rumah saya. Saya kagum, bengkel ini menyediakan segala macam service mobil, mulai dari cuci mobil, ganti oli, service kaki mobil, service AC, tune up dan semua yang berkaitan dengan service mobil. Di situ juga ada pernak-pernik mobil seperti parfum mobil, asesori mobil dan lain-lain. Jadi jika pelanggan mau berurusan dengan perawatan mobil - apa saja, pelanggan cukup datang ke satu bengkel tersebut, dan semuanya bisa dilayani.

Di kantor pos, Anda sekarang dapat memperoleh berbagai pelayanan pos termasuk juga berbagai pelayanan jasa keuangan. Anda mau bayar PAM, listrik, asuransi, cicilan motor, atau uang kuliah ? Anda juga bisa menabung, mengirimkan uang, cukup Anda datang ke kantor pos, semua pelayanan jasa keuangan dapat Anda peroleh di kantor pos. Meskipun masih ada keterbatasan jumlah jenis layanan, namun kantor pos saat ini sudah sangat jauh berbeda dengan kantor jadul yang mungkin Anda pikirkan. Itulah jenis layanan System Online Payment Point (SOPP) yang ditawarkan oleh kantor pos.


Mungkin Anda juga sekarang jarang belanja ke pasar tradisional, dan lebih suka berbelanja ke supermarket, Selain nyaman, harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional, Anda juga bisa sekaligus jalan-jalan menikmati suasana mall atau supermarket, atau bahkan Anda juga bisa sekaligus rekreasi dengan keluarga. Itulah konsep yang ditawarkan oleh supermarket atau mall-mall saat ini.


Semua yang saya uraikan di atas merupakan layanan one stop service, pelanggan cukup datang ke satu lokasi dan bisa memperoleh berbagai jenis layanan tertentu. Ini semua untuk memudahkan pelanggan agar tidak perlu menghabiskan banyak sumber daya dan waktu. Konsep-konsep seperti ini sudah banyak ditawarkan oleh industri tertentu. Sebutlah BEC (Bandung Electronic Centre) yang menyediakan berbagai jenis barang elektronik yang berkaitan dengan komputer, BIJ Plaza (menyediakan berbagai jenis bahan bangunan), dan banyak lagi yang lainnya, Bandung Supermall (BSM), atau Hypermarket dan Giant.


Secara teori, one stop service berarti menyediakan berbagai macam produk atau jasa dalam satu tempat, perusahaan bisa menawarkan berbagai jenis kebutuhan pelanggan dalam satu tempat. Ini biasanya dilakukan dalam suatu areal yang cukup besar agar dapat menyediakan jasa yang lengkap.


Nampaknya, perusahaan-perusahaan dan penyedia jasa saat ini bersaing untuk memberi kemudahan bagi pelanggan agar pelanggan bisa menghemat waktu sekaligus untuk rekreasi berbalanja, yang sekarang ini menjadi trend bagi masyarakat. One stop service, tentu saja menyenangkan bagi pelanggan karena pelanggan menjadi tidak repot, cukup datang ke satu tempat, semua kebutuhan pelanggan terpenuhi.


Ya… one stop service, sungguh memudahkan pelanggan.

0 comments:

Post a Comment