Monday, August 24, 2009

Bersikap Sopan

. Monday, August 24, 2009

Hal yang selalu saya ingat tentang pendidikan orang tua saya di waktu saya kecil adalah “bersikap sopanlah”. Dalam situasi apa pun kita harus memelihara sikap ini tidak peduli apakah yang Anda hadapi orang yang besikap sopan atau tidak, tapi Anda tetap harus “besikap sopan”.


Ketika saya sedang sibuk menghitung uang yang baru saya terima dari bagian keuangan untuk pembayaran uang lelah kepada petugas office boy, tiba-tiba tanpa disangka-sangka seorang agen kartu kredit sudah berada di dekat saya untuk minta waktu dalam penawaran kartu kredit nya.


Tentu saja saya tidak bersedia, dan respon saya terhadapnya jadi berkurang, bahkan saya menjadi tidak berminat sama sekali untuk membicarakan kartu kredit yang ditawarkannya. Jika dia bersikap sopan sedikit, paling tidak saya bisa mereferensikan teman saya untuk menjadi prospeknya.


Itulah tentang bersikap sopan. Kelihatannya sangat sepele, tetapi memberikan arti yang sangat besar bagi respon seseorang. Bahkan kesan pertama akan sangat menentukan keberhasilan Anda untuk tahap-tahap selanjutnya.


Bersikap sopan berarti menghargai keberadaan pelanggan Anda. Pelanggan akan respek kepada kita kalau kita bersikap sopan kepada mereka. Perkataan seperti,”Maaf, apakah saya bisa bertemu dengan Bapak A ?”, atau “Maaf, apakah Bapak tidak keberatan kalau saya ke kantor Bapak jam 2 siang hari ini ?” jika disampaikan dengan nada yang sopan akan lebih bisa diterima oleh pelanggan.


Orang cenderung untuk berperilaku kasar kalau Anda bersikap kasar kepada orang lain. Sebaliknya, kalau kita bersikap sopan, maka orang yang tadinya kesal dengan Anda berubah menjadi sopan karena melihat Anda bersikap sopan kepada mereka.


Yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui budaya dan etika di mana Anda berada, sebab seringkali kesopanan berkaitan dengan norma dan etika yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Menundukkan badan bila melewati banyak orang, atau Anda cukup bilang ‘punten’ (di daerah Sunda) menunjukkan bahwa Anda bersikap sopan dihdapan mereka.


Bersikaplah sopan kepada pelanggan Anda, maka Anda akan mudah mendekati pelanggan.

0 comments:

Post a Comment