Sunday, August 9, 2009

Time Management : Manfaatkan Waktu di Perjalanan

. Sunday, August 9, 2009

Pernahkan Anda melakukan perjalanan jarak jauh atau yang waktu perjalanan yang relatif lama seperti penerbangan jarak jauh, atau naik kereta api jarak jauh ?

Dulu, saya sering mengadakan perjalanan Jakarta Bandung, atau mengadakan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia. Dalam perjalanan ke berbagai daerah tersebut, tentu saja banyak waktu yang dihabiskan di perjalanan. Perjalanan Jakarta - Papua misalnya, bisa menghabiskan waktu 8 jam. Kadang perjalanan tersebut menjadi membosankan apalagi pada waktu menunggu menjelang pesawat akan take off jika kita tidak pandai-pandai memanfaatkan waktu yang ‘seolah’ menjadi terbuang percuma.


Demikian juga perjalanan Jakarta Bandung yang hampir setiap minggu saya lakukan. Saya menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam untuk perjalanan dengan kereta api Jakarta Bandung. Selain itu, saya harus berangkat pagi-pagi (subuh) dari rumah, dan mungkin ada waktu yang cukup lama terbuang sebelum kereta berangkat.


Semua perjalanan itu terasa menyenangkan jika kita bisa membunuh waktu yang seolah terbuang percuma tersebut. Beberapa penerbangan memberikan koran gratis kepada penumpang agar penumpang bisa menikmati perjalanan. Ada juga yang memberikan fasilitas audio agar penumpang bisa terhibur selama perjalanan misalnya penerbangan ke luar negeri – karena membutuhkan waktu sangat lama.


Masalahnya adalah kita bisa menjadi loyo atau capek setibanya di tujuan sehingga tugas-tugas yang harus dijalankan terkadang kurang efektif.


Apa yang harus Anda lakukan agar Anda dapat menikmati perjalanan ?


Anda dapat memanfaatkan waktu perjalanan dengan tidur yang baik. Ini harus disesuaikan dengan waktu tiba di tempat tujuan. Jika Anda melaksanakan perjalanan pada malam hari, ini adalah waktu Anda yang terbaik untuk tidur agar keesokan harinya badan menjadi segar.


Perjalanan saya dari Bandung ke Surabaya dengan kerata api di malam hari menghabiskan waktu yang cukup lama. Agar esok harinya lebih segar, saya harus tidur selama perjalanan. Saya tidak menggunakan obat tidur seperti antimo untuk membantu tidur saya selama perjalanan. Sebaiknya hindari terlalu kenyang, karena hal ini akan membuat Anda sulit tidur. Pilihlah kursi yang nyaman, misalnya kelas eksekutif agar Anda bisa tidur dengan baik. Setibanya di tujuan, saya bisa langsung masuk ke hotel , mandi pagi dan sarapan dan selanjutnya bisa melakukan aktivitas pagi hari itu dalam kondisi yang fit.


Jika perjalanan Anda siang hari dan tiba malam hari di tujuan, manfaatkan perjalanan tersebut untuk membaca atau mengerjakan hal-hal yang bermanfaat selama perjalanan. Anda perlu mempersiapkan buku atau bahan bacaan lainnya. Demikian juga pada waktu Anda menunggu untuk waktu yang cukup lama, Anda bisa membuka laptop Anda dan mengerjakan hal-hal yang dirasa penting. Dalam hal ini, Anda perlu mempersiapkan baterai cadangan.


Tidak semua situasi memungkinkan kita memanfaatkan waktu dengan membaca diperjalanan. Naik travel Jakarta Bandung mungkin sulit bagi kita untuk membaca, alih-alih mata kita bisa sakit karena guncangan kendaraan selama perjalanan.


Jika Anda berangkat dengan rekan kerja, Anda bisa mendiskusikan beberapa hal penting dengan rekan Anda tersebut. Siapa tahu ada ide-ide yang mungkin bisa terbantu dengan diskusi tersebut.


Anda perlu memilih waktu yang tepat untuk bepergian, serta sarana transportasi yang nyaman untuk perjalanan.


Nah, aturlah dan rencanakan perjalanan Anda agar kondisi Anda sampai di tujuan bisa fresh dan tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik. Semuanya tentu tergantung kepada Anda untuk to make the best of it.


Manfaatkan waktu Anda dengan baik.

0 comments:

Post a Comment