Tuesday, August 18, 2009

Buatlah Janji Lalu Wujudkan

. Tuesday, August 18, 2009

Apa yang terjadi jika teman Anda mengingkari janji yang telah diucapkannya ? Tentu Anda akan kecewa bukan ? Mungkin Anda menilai dia tidak jujur atau tidak punya kredibilitas.


Begitu juga dengan perusahaan, jika perusahaan banyak berjanji, namun tidak memenuhi janjinya tersebut, maka kemungkinan besar pelanggan-pelanggannya akan kecewa bahkan meninggalkannya.


Anda tahu akibat pelanggan kecewa ? Ya, mereka akan menceritakan kepada orang tentang kekecewannya. Bola salju ini akan semakin besar dan membesar, dan lama-lama perusahaan akan ditinggalkan pelanggan.


Banyak perusahaan yang sudah berjanji kepada pelanggan mereka. Ini dapat dilihat dari materi atau iklan-iklannya. Cobalah simak janji-janji perusahaan di bawah ini :


LP3I : 100% uang kembali jika setelah lulus tidak bekerja.

UNIKOM : Quality is our tradition

Poltekpos : Go Global With Us

LPKIA : Lulusannya mudah bekerja dan berkualitas

TIKI : Tanggal boleh merah,dokumen tetap kami antar

Kerta Gaya Pusaka : Kami mengantar ke seluruh Indonesia

PT Pos Indonesia : Good Place to Work, Good Place to Shop, Good Place to Invest


Itu adalah janji dari beberapa perusahaan kepada pelanggan-pelanggannya melalui slogan yang diucapkan kepada pelanggan. Apa yang Anda pikirkan mengenai janji perusahaan tersebut ? Over promise ? Anda dapat menilainya dari pengalaman Anda atau cerita teman-teman Anda.


Sebagai perusahaan yang mengandalkan pendapatan dari pelanggannya, Anda tidak dilarang untuk berjanji, bahkan Anda dianjurkan untuk berjanji. Namun yang lebih penting adalah Anda harus memenunhi janji-janji yang sudah Anda buat agar pelanggan Anda tidak kecewa.


Hanya saja, banyak perusahaan yang janjinya tidak tegas dan menyesatkan, dengan dalih ‘itu adalah bahasa pemasaran’. Ingat, pelanggan saat ini adalah pelanggan yang cerdas dan banyak memiliki informasi. Mereka dapat membandingkan jasa yang Anda tawarkan dengan jasa pesaing Anda.


Jika Anda tidak jujur atau menyembunyikan sesuatu, maka bila pelanggan Anda mengetahui dan menyadarinya, maka mereka akan merasa tertipu dan dibohongi. Dapat dipastikan, mereka akan kapok dan tidak mau menggunakan jasa Anda lagi.


Oleh karena itu, berjanjilah yang jujur. Berjanjilah untuk sesduatu hal yang mampu Anda wujudkan. Umumkan janji Anda dengan bahasa yang menarik, lalu wujudkan janji Anda.


Salam sukses !

0 comments:

Post a Comment