Sunday, April 5, 2009

Bagaimana Anda merespon ?

. Sunday, April 5, 2009

Kita sering melihat tawuran warga terjadi hanya karena masalah kecil, yaitu tidak sengaja tersenggol oleh temannya pada waktu joged di suatu pesta. Baru-baru ini saya juga melihat bahwa simpatisan salah satu partai terlibat baku hantam pada waktu kampanye karena menyenggol rekan simpatisan pada waktu acara hiburan kampanye partai tersebut.

Mungkin ada sebagian orang yang begitu mobilnya atau motor yang dikendarai disalib, menjadi tersinggung dan akhirnya terjadilah kebut-kebutan antara keduanya. Atau keributan besar terjadi karena kendaraannya tersenggol oleh kendaraan lain.

Akibat yang ditimbulkan dari kejadian-kejadian tersebut di atas tentunya merugikan kedua pihak, bahkan masyarakat banyak. Mungkin Anda pernah melihat atau mengalami kejadian-kejadian serupa seperti tersebut di atas.

Mari kita lihat diri sendiri, bagaimana Anda merespon sesuatu hal. Jika Anda masih sangat emosional dalam merespon sesuatu berarti Anda belum bisa mengendalikan diri Anda. Cobalah Anda renungkan kejadian-kejadian tersebut di atas, jika Anda orang yang tersenggol atau disalib, apa sisi baiknya dan apa sisi buruknya langkah-langkah yang Anda lakukan.

Jika Anda berpikir positif, ‘mungkin dia tidak sengaja’ atau katakanlah dia sudah meminta maaf, maka tentu Anda dapat menimbang apa hasilnya kemudian. Anda dapat memilih tindakan-tindakan terbaik yang dapat Anda lakukan. Jika Anda berpikir dengan jernih, maka apa pun yang Anda lakukan, pastilah sesuatu yang baik.

Untuk bisa berpikir dengan baik dan jernih tentunya kita butuh latihan. Apalagi pada saat Anda mempunyai suatu masalah atau marah. Pada saat marah, Anda lebih banyak dikuasai faktor emosional. Inilah hal yang banyak terjadi dalam masyarakat kita. Hanya karena masalah-masalah kecil terjadi keributan yang berdampak luas dan merugikan banyak pihak.

Salah satu cara mengukur kualitas Anda adalah bagaimana Anda melakukan respon di saat Anda marah. Dan itu memerlukan kejernihan pikiran !

1 comments:

ngotektak said...

respon saya saat marah... very bad

eh, bli blog saya di http://yosephs.blogdetik.com

Post a Comment