Saturday, April 18, 2009

Mudah, asal tahu caranya !

. Saturday, April 18, 2009

Ini pengalaman saya waktu kecil. Kakak saya menguji saya,”Bisa ga kamu mendirikan telur mentah ini di atas meja”. Lalu saya mencobanya. Ternyata ga bisa. Teman-teman saya juga mencobanya, ternyata sulit juga. Semua bilang TIDAK MUNGKIN.

Lalu kakak saya menunjukkan caranya. Telur itu ditaruhnya dengan sedikit mengetuk bagian telur di atas meja sehingga ujungnya sedikit retak dan… telur itu bisa berdiri. Banyak yang berkomentar,”wah kalau begitu caranya semua orang juga bisa’’.

Nah.. teman, kadang pikiran kita baru terbuka setelah mengetahui caranya. Awalnya sulit untuk menyelesaikan suatu pekerjaan kalau kita tidak tahu caranya. Tapi begitu melihat orang lain melakukannya dan berhasil menyelesaikannya barulah kita menyadari bahwa pekerjaan tersebut tidak sulit.

Di awal, kita juga sering menemui segala sesuatu itu rumit, bahkan sulit untuk dipecahkan. Mengapa ? Karena tidak tahu caranya ! Pikiran kita kadang terbelenggu oleh dalil-dalil yang sudah kita pelajari sehingga pikiran tidak bisa bebas bekelana, tidak bebas untuk berpikir dan mencari solusi. Akhirnya yang terpikir adalah kata-kata “TIDAK MUNGKIN”.

Kisah di atas ternyata dipraktekkan oleh Christopher Columbus - penemu benua Amerika - pada suatu jamuan pesta makan malam. Semua hadirin tidak ada yang bisa mendirikan telur tersebut sampai ditunjukkan oleh Columbus.

Ternyata segala sesuatu itu mungkin. Ada yang bilang bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Semua orang akan mampu jika berbekal kemauan. Semuanya ditentukan oleh pikiran, sikap, dan cara bertindak.

“Ketahui dulu rumusnya, maka segalanya akan menjadi mudah”

0 comments:

Post a Comment