Friday, April 24, 2009

Menunggu : membosankan atau menyenangkan ?

. Friday, April 24, 2009

Menunggu itu membosankan.

Itulah yang saya alami pada waktu antre menunggu pelayanan di suatu cabang bank. Saya memperhatikan hampir semua perilaku pengunjung saat itu. Ada yang membaca brosur yang disediakan oleh bank tersebut, ada beberapa orang yang sudah gelisah menunggu giliran dipanggil, ada pula yang membatalkan transaksinya, mungkin sudah terlalu lama menunggu. Ada pula yang asyik memainkan hp nya, entah main game atau sms an dengan koleganya.

Seseorang bertanya kepada satpam kira-kira berapa lama lagi dia harus menunggu, karena selain pengunjung yang cukup banyak, rupanya ada beberapa orang yang melakukan ransaksi cukup besar dan menggunakan BG (bilyet) sehingga membutuhkan waktu agak lama. Tidak ada kepastian jawaban dari satpam tersebut.

Lain lagi yang saya alami di bank yang lain. Meskipun jumlah pelanggan yang antre cukup banyak, tapi saya merasa lebih nyaman berada di situ. Selain suasana ruangan yang nyaman (sejuk), ada beberapa majalah yang bisa dibaca. Ada pula permen yang disediakan di suatu pojok ruangan, lumayan mulut bisa beraktivitas. Sambil menunggu, kita bisa menonton tv sehingga perhatian kita bukan pada berapa lama kita menunggu, namun terhibur oleh acara televisi pada waktu itu.

Itulah sedikit perbedaan dari dua layanan yang meskipun sama-sama antre cukup lama, tapi bisa memberikan suasna yang berbeda kepada pelanggan.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi suasana pengunjung. Yang jelas faktor kenyamana seperti suhu ruangan, adanya musik atau televisi sehingga pikiran pelanggan yang antre bisa beralih dan tidak terkonsentrasi pada lamanya antre tersebut. Ada bank yang memberikan nomor secara elektronik yang di dalamnya menginformasikan berapa lama pelanggan harus antre.

Ini sebetunya untuk memberi kepastian lama antre sehingga orang yang sangat sibuk dan mempunyai sedikit waktu sedari awal sudah bisa memprediksi waktu antre, bila perlu membatalkan kunjungan sedari awal – tidak perlu menunggu dengan waktu tunggu yang tidak pasti. Sebenarnya sangant simple, tetapi banyak perusahaan yang tidak memperhatikan hal-hal kecil seperti ini.

Sudah seharusnya Anda mencoba menciptakan hal-hal kecil atau suasana-suasana seperti itu sehingga pelanggan tidak merasa bosan berkunjung ke tempat Anda. Menunggu memang membosankan, tetapi menunggu juga bisa menyenangkan, tergantung kepada suasana menunggu !

0 comments:

Post a Comment