Monday, April 27, 2009

Miracle Doctor Advance

. Monday, April 27, 2009

Saya sering sekali menerima surat pemberitahuan promosi berupa pemberian barang gratis, diskon atau hadiah-hadiah lainnya. Namun saya tahu itu semua adalah tipuan-tipuan menarik yang dilakukan perusahaan.

Mengapa saya sebut sebagai tipuan ? Karena saya sering mengalaminya. Dengan janji diskon, atau gratis, saya dipaksa untuk membeli dengan iming-iming tertentu.

Mengapa menarik ? Menarik karena gratis. Siapa sih yang tidak mau barang gratis, apalagi penawaran pada brosur sangat bombastis. Banyak yang tertipu dengan model-model promosi seperti ini, sehingga penawaran seperti ini memberikan image kurang baik bagi masyarakat.

Kali ini saya menerima promosi seperti itu lagi. Citi Bank menawarkan produk gratis “Miracle Doctor Advance” yang dapat mengubah air biasa menjadi kaya mineral. Awalnya saya ragu-ragu apakah ini penipuan atau bukan, apalagi melihat nilai produk yang diberikan cukup mahal bagi saya, yaitu Rp 890.000. Tapi melihat dari perusahaan yang mengirimkan yaitu Citibank, rasanya tidak mungkin perusahaan sebesar itu membohongi pelanggannya. Lagi pula di surat pemberitahuan, ada telpon yang bisa dihubungi.

Oleh karena itu, saya sengaja datang ke Citi Walk untuk mengambil hadiah tersebut. Sampai di Citi Walk saya disambut oleh customer service acara tersebut. Awalnya saya curiga, karena begitu memasuki area pameran, customer service tersebut langsung menanyakan apakah saya bermaksud mengambil Miracle Doctor Advance. Sungguh di luar dugaan, hadiah yang diberikan benar-benar gratis. Petugas tersebut bahkan menjelaskan bagaimana menggunakan alat tersebut, perawatan dan manfaatnya.

Yang lebih mencengangkan saya adalah teknik pemasaran dari Advance Miracle Doctor tersebut. Mereka memberikan produk secara gratis, lalu apa keuntungan dari perusahaan tersebut ? Apakah mereka benar-benar memberikan secara gratis ? Tentu saja tidak, namanya juga bisnis.

Untuk diketahui, penggunaan produk tersebut perlu perawatan dan penggantian komponennya. Berapa perawatan atau penggantian komponen tersebut ? Agar hasilnya maksimal, salah satu komponen produk tersebut harus diganti setiap dua bulan dengan harga Rp 98.000. Suatu strategi pemasarn yang jitu !

Di awal perusahaan memberikan produk secara gratis, tetapi untuk pemeliharaan, pelanggan harus secara rutin mengeluarkan biaya perawatan. Di sinilah yang saya katakan jitu, sebab harga perawatan sudah diperhitungkan dengan biaya pembelian produk. Yang kedua, perusahaan mengharapkan word of mouth dari pelanggan-pelanggan mereka yang sudah puas menggunakan produk tersebut.

Taktik seperti ini pernah dikeluarkan oleh HP untuk produk printer, di mana harga printer relatif murah dibandingkan dengan pesaing, tetapi harga tintanya relatif lebih mahal.

Suatu taktik pemasaran yang jitu ! Anda bisa menirunya.

7 comments:

otomotif said...

Wah gratis ya mas,saya juga kebetulan dapat surat dari citibank juga untuk ngambil hadiah advance miracle doctor di MALL OF INDONESIA, dari tanggal 3-14 juni 2009,tapi saya masih ragu tuh,takutnya tar dipaksa suruh beli macem2.datang ga ya?

Anonymous said...

mungkin pengalaman saya lebih indah dari yang dialamai anda, saya juga mendapat undangan dari citibank untuk mengambil hadiah satu unit "Miracle Doctor Advance” selain saya disambut oleh sales juga dipersilahkan mencoba kursi massage(kursi pijat) kira-kira 15 menit sembari mendengar penjelasan petugas setelah selesai mencoba kursi pijat tersebut saya juga diberikan voucher belanja sebesar 400.000 apabila saya membeli salah satu produk mereka nah itu pengalaman yang indah bukan? tetapi karena saya tidak ada waktu untuk untuk mencoba produk lain maka saya pamit untuk pulang dan membiarkan dulu hadiah tersebut. meminta undangan saya kembali yang telah tertulis nomor kartu kredit saya yang sebelumnya dimminta untuk dicatat dan saya brjanji akan kembali lagi. tapi setelah saya pikir-pikir saya tidak terlalu memerlukan hadiah tersebut untuk saat ini mungkin lain kali aja.

Anonymous said...

Miracle doctor ini produk tipu2, khasiatnya hanyalah bualan belaka.
Terdiri dari botol plastik yg didalamnya diberi cartridge isi batu2an mineral. Diliat dari bahannya, nilainya tidak lebih dari Rp.20,000,-. Di Price List tercantum Rp.790.000,-.
Cara jualan yg sangat kurang ajar.

Anonymous said...

dikasih gratis (asli) koq ngomel-ngomel.... mana ada botol minuman food grade harganya 20 ribu. ambil saja, kalau gak manfaat dan gak cocok ... ya.... jangan beli cartridge berikutnya...dan akhirnya dpt dijadikan botol minuman atau shaker (keren khan)... begitu saja.... sederhana sekali.

indah said...

sy jg baru ambil, promosinya dr Mandiri. benar2 GRATIS !

tetap aja sy hitung murah krn bila dibandingkan dg minum jus biasa (air terkontaminasi dan harus ribet ngeblender) MD tetap lebih murah.
hitungan saya, minum jus lebih dari Rp.50.000/bulan, ini bila dibanding dg biaya perawatannya 300rb/3sparepart yg harus diganti tiap 2 bulan :D

bung nats said...

Saya juga sudah mulai curiga. Awalnya saya beli, banyak gelembung dari cartridgenya. Namun setelah saya beli cartridgenya malah gelembungnya hanya sedikit. Padahal baru beli. Aneh!!

Unknown said...

Bu sy udah ambil udah lama tapi skrg baru pake gimana yach apa masih bagus utk di gunakan

Post a Comment