Tuesday, April 28, 2009

Toko sepatu

. Tuesday, April 28, 2009

Ini satu lagi kisah pengalaman istri dan anak saya. Beberapa bulan yang lalu, istri saya membeli sepatu di toko sepatu Juwita di Jl Ahmad Yani Bandung yang akan diberikan sebagai hadiah ulang tahun anak saya. Anak saya tidak diajak ikut serta membeli ke sana karena ada kegiatan sekolah dan sekaligus sebagai surprise (kejutan) buat anak saya.

Sebelum membeli, istri saya ragu-ragu dengan nomor sepatu anak saya. Takut kekecilan, istri saya membeli sepatu dengan nomor 36, padahal istri saya sudah tahu bahwa sepatu di rumah nomor 35. Pertimbangannya, anak saya sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, mungkin sepatu yang ada sudah tidak cocok lagi, dan kebetulan yang sepatu anak saya robek di bagian ujungnya sehingga bisa patut diduga sepatu anak saya sudah kekecilan.

Benar, setelah dicoba di rumah, sepatu tersebut kebesaran. Mau tidak mau, ya harus ditukar lagi. Tapi sayangnya, struk pembelian sudah terlanjur dibuang dan tidak berhasil ditemukan. Sempat terjadi keraguan, apakah kalau tidak membawa bukti (struk) pembelian sepatu itu, kami akan kesulitan menukarkannya.

Ternyata tidak ! Penukaran sepatu tersebut tidak mengalami kesulitan. Pelayan toko tersebut ternyata dengan ramahnya menerima kehadiran kami, dan bahkan sama sekali tidak menanyakan struk pembelian tersebut.

Inilah sebuah contoh pelayanan pelanggan yang memuaskan. Toko tersebut menaruh kepercayaan yang tinggi kepada pelanggannya.

Apakah pemilik toko tersebut tidak khawatir kalau ada seseorang atau pelanggan akan menyalahgunakan kesempatan-kesempatan seperti tersebut ? Banyak penjual yang merasa takut memberikan garansi untuk hal-hal seperti itu. Tapi pemilik toko tersebut tidak ragu-ragu untuk memberikan garansi terhadap barang yang sudah dijual.

Pada kenyataannya, sangat jarang pembeli berbuat curang untuk kasus-kasus seperti itu, sehingga tanpa meminta struk pun Anda sebagai penjual harus berani memberikan jaminan terhadap produk yang Anda jual. Namun yang jelas, cobalah lakukan evaluasi apakah jaminan seperti itu akan berdampak terhadap banyaknya orang yang akan menukarkan sepatu dan bagaimana pengaruhnya terhadap penjualan Anda.

Jadi, lakukan pelayanan yang baik, karena hal seperti ini akan menjadi word of mouth untuk pelayanan Anda.

0 comments:

Post a Comment