Tuesday, May 19, 2009

Parkinson's Law

. Tuesday, May 19, 2009

Anda masih ingat Muhammad Ali – mantan petinju juara dunia legendaris ? Muhammad Ali pernah terserang penyakit Parkinson karena benturan-benturan yang terjadi akibat pukulan lawan yang mengenai mukanya.

Saya tidak berbicara tentang Muhammad Ali di sini, tetapi ada hubungannya dengan penyakit Parkinson yang dideritanya. Parkinson dalam istilah ini adalah lupa dengan waktu.

Pernahkah Anda bekerja atau diberikan tugas oleh dosen, atasan Anda, atau orang tua Anda, ataupun Anda punya target namun dalam penyelesaian tugas tersebut Anda membutuhkan lebih banyak waktu dari yang seharusnya ? Setelah penyelesaian tugas tersebut Anda baru sadar, mestinya tugas tersebut dapat diselesaikan lebih cepat dari yang seharusnya. Jika itu yang terjadi Anda sudah terkena penyakit Parkinson.

Nah, di sini Anda harus waspada terhadap bahaya Parkinson’s Law (Hukum Parkinson). Prinsip hukum ini adalah pekerjaan cenderung berkembang mengisi waktu yang disediakan berapa panjang pun waktu tersebut.

Misalnya, Anda hanya memiliki satu kegiatan dalam satu hari, maka bisa dipastikan, Anda pun hanya berhasil menyelesaikan satu kegiatan itu saja. Anda akan bekerja seperti siput karena berpikir bahwa target Anda hanya satu saja hari itu.

Sebaliknya, semakin banyak yang Anda jadwalkan, maka semakin banyak pula yang bisa Anda capai dalam satu hari.

Saya mengamati, orang-orang yang sibuk biasanya lebih disiplin dalam menggunakan waktunya. Orang yang menjadwalkan kegiatannya hanya sedikit, cenderung menggunakan waktunya lebih banyak untuk bersantai.

Oleh karena itu, jika Anda mengatur jadwal, saya sarankan, Anda benar-benar hati-hati menyusunnya. Susunlah jadwal kegiatan dengan mengisi sebanyak mungkin aktivitas dalam satu hari, tentunya dengan mempertimbangkan sifat kegiatan tersebut.

Kalau Anda yakin sanggup menyelesaikan satu tugas dalam satu jam, mengapa Anda harus menjadwalkan lebih dari itu ? Jadi jadwalkanlah kegiatan tersebut satu jam saja. Jangan lebih ! Kalau lebih saya berkeyakinan Anda akan mengisi dengan hal yang sia-sia, mulai dari melamun sampai kerja yang lebih lambat dari seharusnya.

Oleh karena itu Anda harus tahu beban kerja atau kemampuan Anda untuk menyelesaikan suatu tugas . Namun Anda juga tidak bisa memaksakan diri mengerjakan sesuatu lebih cepat dari sewajarnya, Karena Anda bisa stress.

Jadi pandai-pandailah mengisi waktu Anda, kerjakan berdasarkan target sesuai kemampuan Anda. Saya yakin, Anda akan lebih banyak bisa mengisi waktu Anda dengan kegiatan yang lebih produktif.

Salam luar biasa sukses !

0 comments:

Post a Comment