Sunday, April 8, 2012

PERUBAHAN PANDANGAN DALAM DISTRIBUTION CHANNEL

. Sunday, April 8, 2012


Dalam suatu kondisi di mana perusahaan menggunakan lebih dari satu saluran distribusi (multi- distribution channel), perusahaan memanfaatkan banyak saluran distribusi untuk menjangkau pelanggan. Beberapa drivers tentang perubahan pandangan tentang penggunaan multi- distribution channel adalah sebagai berikut :

Globalisasi : diakui saat ini bahwa dunia yang semakin datar memungkinkan interaksi manusia dari satu belahan bumi ke belahan bumi lainnya dengan cepat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Perubahan perilaku konsumen yang menuntut ketersediaan produk atau jasa yang luas sehingga mendorong perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan akses yang luas kepada pelanggan untuk mengkonsumsi produk atau jasa secara cepat.

Information and technology , dimana setiap orang di belahan bumi ini sudah dapat mengakses informasi dengan cepat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Konsumen dapat berinteraksi dengan konsumen lainnya, atau langsung ke perusahaan tanpa dibatasi oleh perantara atau agen.

Desain proses produk atau jasa perusahaan, di mana konsumen dapat terlibat langsung dalam merancang produk atau jasa perusahaan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Contohnya, Dell dapat menyediakan cover lap top yang sesuai dengan pilihan konsumen atau dapat mendesain sendiri cover lap top nya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Trend perusahaan yang lebih focus kepada core bisnis nya untuk menghasilkan produk yang berkualitas, menyebabkan perusahaan lebih mempercayakan pengelolaan channel kepada pihak lain dalam menjangkau pelanggan.

Melihat kepada drivers tersebut di atas, dan dalam perkembangan era teknologi sekarang ini, distribution channel management tidak hanya mencangkup bagaimana mengantarkan produk atau jasa kepada pelanggan, tetapi memiliki makna yang lebih luas yaitu berinteraksi dengan pelanggan. Artinya, melalui pengelolaan channel yang baik dan luas, perusahaan memberikan kemudahan kepada pelanggan di dalam keseluruhan proses pembelian, mulai dari mencari informasi sebelum pembelian, proses transaksi, sampai interaksi seluruh proses pembelian.

Membuat produk dan jasa tersedia secara luas via berbagai channel dapat meningkatkan tingkat layanan pelanggan. Perkembangan media elektronik memungkinkan perusahaan mengembangkan channel setiap waktu. Pelanggan tidak perlu datang langsung ke perusahaan untuk mendapatkan informasi atau membeli barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan, tetapi dapat menggunakan media online yang saat ini sudah digunakan oleh perusahaan secara luas.

Bahkan transaksi melalui media online sudah banyak diterapkan oleh perusahaan dalam mendistribusikan produk atau jasa perusahaan. Dalam hal interaksi dengan pelanggan, perusahaan dapat melakukan komunikasi serta mendistribusikan informasi kepada pelanggan secara dua arah.

Jadi dalam pengertian ini, multi-distribution channel adalah mengoptimalkan semua fungsi saluran pemasaran baik berupa distribusi fisik (physical distribution) maupun media online (elektronik). Multi-channel distribution sudah menjadi trend untuk saat ini dalam bidang penjualan/ pemasaran seiring dengan masuknya era internet.

Bahkan peritel tradisional kini turut memasuki bisnis online pula. Contohnya adalah Toko Buku Gramedia yang menggunakan pola multi-distribution channel, di mana disamping menggunakan sistem direct selling dengan menjual melalui toko-tokonya sendiri, Gramedia juga menggunakan sistem direct marketing yang juga melayani pemesanan buku secara online. Pendekatan dengan pola multi-distribution channel dapat memperluas jangkauan distribusi dan memungkinkan menjangkau pasar yang lebih luas.

0 comments:

Post a Comment