Sunday, April 8, 2012

MULTI DISTRIBUTION CHANNEL UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN

. Sunday, April 8, 2012


Meningkatkan pelayanan pelanggan merupakan upaya yang harus dilakukan, berkaitan dengan semakin ketatnya persaingan dalam produk yang sama. Dalam pendistribusian produk secara fisik ini, yang menjadi hal utama dalam pelayanan meliputi : kecepatan dalam penyediaan produk, pelayanan kepada pelanggan secara efektif melalui pendistribusian yang efisien, dan pemanfaatan waktu secara tepat dalam kegiatan pendistribusian. Ada dua hal yang perlu diperhatikan perusahaan dalam menggunakan distribution channel ini, yaitu searching time dan availability produk.

Searching time

Searching time adalah waktu yang digunakan oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang sedang dibutuhkan. Sebagaimana diketahui bahwa kecepatan dalam penyedian produk akan menjadi suatu keunggulan bersaing. Ini berkaitan dengan searching time yang digunakan konsumen dalam memperoleh produk. Semakin cepat dan tersedia suatu produk maka akan semakin cepat produk diperoleh oleh konsumen. Karena itu, pendistribusian produk yang mengacu pada penyediaan suatu produk akan menjadi inti pelayanan pada konsumen.
Semakin efisien dan efektif penyediaan produk, maka ia memiliki kesempatan besar tersedia di berbagai lembaga perantara, di modern market, traditional market, institusi, dan lembaga perantara lainnya, maupun secara on line. Untuk itu diperlukan pemanfaatan waktu yang tepat dalam mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen melalui berbagai perantara yang dipilihnya. Semua ini memiliki tujuan untuk melayani pelanggan lebih baik.

Dalam hal pelayanan pelanggan, kecepatan mencari informasi tentang suatu produk juga merupakan hal yang sangat penting disamping kecepatan distribusi itu sendiri. Bagaimana konsumen dapat menghubungi perusahaan dan memesan dengan cepat, juga menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan. Di restoran fast-food misalnya, saat ini konsumen dapat dengan mudah memesan tanpa perlu datang ke restoran, cukup menggunakan telepon atau media online, layanan pesan antar tersedia tanpa konsumen repot-repot untuk datang ke restoran tersebut.

Availability Produk

Availability produk berkaitan erat dengan tingkat coverage produk, semakin baik coverage produk di dalam suatu area distribusi, maka akan semakin baik pula keberadaan produk di tingkat saluran distribusi. Availability juga berkaitan dengan merata tidaknya produk dalam area distribusi. Dengan demikian, pada sistem distribusi ada tuntutan agar availability produk maksimal sehingga coverage produk juga harus maksimal.

Coverage produk secara maksimal juga memiliki tujuan untuk mendapatkan dan membuka outlet pelayanan di area distribusi masing-masing. Banyaknya cabang suatu kantor perusahaan, banyaknya akses yang disediakan oleh perbankan agar pelanggan dapat dengan mudah menggunakan jasa perusahaan, serta banyaknya akses channel yang bisa digunakan oleh pelanggan menunjukkan coverage pelayanan yang luas dari suatu perusahaan.

Sebagai contoh, saat ini pelanggan dengan mudah mengakses pelayanan suatu bank dengan cukup mendatangi ATM di suatu tempat tertentu, atau bahkan dengan sarana teknologi (internet) pelanggan dapat mengakses pelayanan dari rumah atau tempat di mana pun asal ada internet, menunjukkan perusahaan sudah menggunakan channel dengan efektif untuk menjangkau pelanggan.

Setiap channel juga memiliki batasan-batasan yang harus dipahami perusahaan. Sehingga tantangannya adalah bagaimana memilih kombinasi channel yang paling tepat sehingga mampu memenangkan delivery kepada pelanggan namun efisien dari sisi biaya dan resiko. Keunggulan perusahaan dalam memilih dan mengelola bentuk channel dipastikan dapat meningkatkan keunggulan kompetitifnya.

0 comments:

Post a Comment