Sunday, April 8, 2012

PELAYANAN PELANGGAN DALAM DISTRIBUTION CHANNEL

. Sunday, April 8, 2012


Tujuan utama dari distribution channel adalah untuk mencapai pasar-pasar tertentu. Jadi pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan distribution channel. Suatu produk tanpa didistribusikan secara baik dan merata, maka produk tersebut tidak akan dapat dikonsumsi atau digunakan sebagaimana mestinya oleh konsumen.

Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan adalah bagaimana channel distribution ini dapat memberikan kepuasan pelanggan, dalam arti mudah dan cepat diakses dan cepat dan baik dalam delivery nya. Pelayanan pelanggan bukan sekedar keunggulan kompetitif.

Pada banyak industri, pelayanan pelanggan adalah ujung tombak yang membuat suatu industri bisa bertahan dalam dunia persaingan yang semakin ketat. Kotler (2000) mendefinisikan pelayanan (service) sebagai suatu kegiatan atau keuntungan yang ditwarkan suatu kelompok kepada yang lainnya dan pada dasarnya tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan apa pun.

Layanan atau pelayanan pelanggan adalah frase atau kata yang memiliki makna luas yang meliputi banyak elemen, mulai dari ketersediaan produk sampai dengan kepelayanan setelah penjualan.

Pada perspekstif distribusi, pelayanan pelanggan hasil dari semua kegiatan dalam proses penyediaan informasi bagi pelanggan sampai produk atau jasa dapat dinikmati oleh konsumen. Dalam hal ini, distribusi memiliki misi tersendiri yaitu menyampaikan barang dengan tepat, pada waktu yang tepat, dan dalam kondisi yang diinginkan, untuk menghasilkan kontribusi yang terbesar bagi perusahaan. Bagi perusahaan jasa, kegiatan distribusi mengandung makna bahwa distribusi adalah bagaimana menyampaikan informasi dengan tepat dan akurat, meyampaikan jasa dengan tepat dan cepat dan handal, dan memberi kemudahan akses kepada konsumen terhadap jasa perusahaan.

Dari uraian di atas, maka tujuan dari pelayanan pelanggan dalam kegiatan distribusi adalah :
1. Menyampaikan barang atau jasa tepat waktu dan tepat sasaran pada konsumen dan dalam kondisi yang diinginkan.
2. Memberikan tingkat pelayanan yang tepat sehingga memberikan keuntungan bagi pelanggan maupun perusahaan.
3. Menyediakan informasi yang akurat meliputi seluruh rantai pasok.
4. Berbiaya rendah, dan mudah diakses oleh konsumen.

0 comments:

Post a Comment