Thursday, December 24, 2009

Customer Analysis

. Thursday, December 24, 2009

Analisis tentang pasar merupakan hal yang sangat penting dalam membuat marketing plan. Setiap marketing plan seharusnya mampu memberikan penjelasan yang lengkap tentang segmentasi pasar, target market dan forecasting.


Analisis ini termasuk informasi detail dari setiap segmen dan target market. Untuk membuat marketing plan yang efektif khususnya dalam hal pengetahuan Anda tentang customer Anda, Anda harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini :

  • - Siapa customer Anda ?
  • - Di mana mereka ?
  • - Apa kebutuhan mereka ?
  • - Bagaimana mereka membuat keputusan pembelian ?
  • - Berapa banyak mereka membeli atau berapa mereka menghabiskan uang mereka di tempat Anda?
  • - Seberapa sering mereka ke tempat Anda ?
  • - Di mana saja mereka dapat memperoleh produk Anda ?
  • - Dengan siapa mereka membeli ?
  • - Dari mana mereka tahu produk Anda ?
  • - Berapa penghasilan mereka ?
  • - Dan lain-lain informasi yang dibutuhkan


Pada prinsipnya, pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan tergantung pada informasi apa saja yang ingin Anda dapatkan, atau bagaimana Anda memandang bisnis Anda, namun dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan dalam penyusunan marketing plan.


Jika memungkinkan, Anda dapat membagi pasar Anda lebih detail lagi, misalnya rumah tangga berdasarkan pendapatan, ukuran perusahaan, pendidikan para pekerja, dan berbagai faktor lain. Anda juga dapat membagi target customer Anda berdasarkan psikografi. Inilah yang disebut sebagai core element dari sebuah marketing strategy.


Secara umum, menurut Kotler, mengenal customer Anda dapat Anda ajukan dengan pertanyaan-pertanyaan 5W + 1H yaitu

  • - Who (Who buys and uses the product), include heavy users
  • - What customer buy and how they use it
  • - Where customer buy
  • - When customer buy
  • - Why customer choose
  • - How customer choose or uses your product

Pemasaran tidak mungkin efektif tanpa memahami customer Anda baik customer potensial maupun customer saat ini. Semakin baik pemahaman Anda terhadap customer Anda, maka semakin baik pula Anda dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan customer. Kenali siapa customer Anda, dari mana mereka mengetahui Anda, apa saja yang disukai atau tidak disukai customer Anda.

0 comments:

Post a Comment