Wednesday, March 7, 2012

Play well Work well

. Wednesday, March 7, 2012



Bagi Anda yang sudah bekerja dan sudah berkeluarga, cobalah renungkan aktivitas Anda sehari-hari. Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk bekerja di kantor, berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk keluarga ? Lebih banyak mana waktu Anda di kantor dibandingkan dengan keluarga ?

Saya sendiri menghabiskan waktu di kantor kurang lebih 10 jam. Pagi-pagi sekali jam 6 saya harus ke luar rumah menembus kemacetan lalu lintas untuk bisa sampai di kantor. Masih bersyukur saya bisa mengantarkan anak-anak ke sekolah. Waktu bersama anak-anak masih bisa saya rasakan hanya sampai mereka di sekolah. Jam 7 mereka sudah masuk sekolah, itu berarti, kami melakukan aktivitas masing-masing.

Saya sampai di kantor masih terbilang sangat pagi, mengingat jam kantor saya jam 08.00.
Pulang dari kantor kira-kira membutuhkan waktu 40 menit untuk sampai di rumah. Jadi kurang lebih jam 6.00 saya baru sampai di rumah. Di luar jam kantor itulah waktu saya gunakan sehari hari untuk bermain-main dan bercengkerama dengan anak-anak dan dengan isteri tercinta.

Waktu dua bulan terkahir ini, saya merasa harus meningkatkan prestasi saya di kantor. Meskipun jam kerja saya tidak berubah, namun seringkali saya masih memikirkan pekerjaan kantor. Bukan hanya memikirkan, tetapi, bahkan sampai larut malam sering juga mengerjakan pekerjaan kantor. Belum lagi BBM yang ‘menghabiskan waktu’ untuk komunikasi dengan temman-teman virtual. Tentu saja hal ini membuat waktu saya untuk keluarga menjadi semakin sedikit.

Jika Anda mengalami hal seperti ini, bagaimana hubungan Anda dengan keluarga dengan anak-anak? Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, mungkin hubungan Anda dengan keluarga menjadi semakin renggang, ada yang hilang meskipun waktu kita sedikit berkumpul dengan keluarga, yang penting kualitasnya.

Pernyataan tersebut tidak salah, tapi kalau ditambahkan, jika waktu kita lebih banyak dan berkualitas bukankah lebih baik ?

Lama saya merenung, apakah kualitas pekerjaan dan produktivtitas saya meningkat. Ternyata tidak banyak peningkatan hasil pekerjaan yang saya capai.
Di sini keseimbangan antara pekerjaan, dan hubungan dengan keluarga sama-sama penting, Anda tidak bisa hanya mencurahkan sebagian besar waktu Anda dengan pekerjaan-pekerjaan Anda, dan memperkecil waktu Anda dengan keluarga. Semuanya perlu seimbang.

Ada yang bilang, jika waktu Anda bekerja, bekerjaklah dengan baik dan sungguh sungguh. Demikian juga jika Anda bermain bermainlah sungguh-sungguh. Dengan kata lain, Anda harus fokus dengan apa yang Anda lakukan,

Artinya di saat kita bekerja kita harus betul betul bekerja di mana pikiran dan badan kita juga ada di pekerjaan tersebut. Jika pikiran kita ada di tempat lain, kemungkinan Anda tidak fokus melakukan pekerjaan Anda. Demikian juga jika Anda bermain dan berkumpul di rumah, sebaiknya Anda menghindari memikirkan pekerjaan Anda. Tetapi bermainlah dan curahkan seluruh perhatian Anda ke rumah.

Dengan melakukan keseimbangan tersebut, saya akhir-akhir ini merasa lebih bahagia, lebih dekat dengan anak-anak dan intri tercinta. Tanpa mengurangi kualitas pekerjaan saya, demikian juga dengan dekatnya hubungan denga keluarga, maka hasil pekerjaan bukannya berkurang tapi kualitas pekerjaan saya pun bahkan menjadi lebih baik.

Jadi di saat bermain, bermainlah yang baik. Di saat bekerja, bekerjalah dengan baik

Play Well, Work Well

Bagaimana dengan Anda ?

0 comments:

Post a Comment