Selling is a service that society has found must be done
(Erias Sumarna)
Dalam era sekarang ini, pelanggan tidak hanya mencari produk atau jasa yang bagus, tetapi juga karena pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan puas, dan pelanggan yang puas akan membeli kembali dari Anda. Dengan demikian, penjual yang mampu memberikan pelayanan yang baik, pada akhirnya akan mampu meningkatkan omzet penjualan. Jadi, penjualan mempunyai peran ganda yaitu memperoleh penjualan dan melayani pelanggan.
Misalnya Anda menjual computer kepada pelanggan, maka Anda berarti memberikan pelayanan kepada pelanggan. Termasuk di sini adalah menjelaskan tentang computer atau hal-hal yang perlu diketahui oleh pelanggan, membantu pelanggan mengantar computer ke tempat parkir, atau pelayanan jika ada permasalahan yang dihadapai oleh pelanggan.
Mungkin dengan pelayanan tambahan yang Anda berikan menyebabkan waktu, tenaga dan bahkan biaya meningkat. Namun dibalik itu, dengan pelayanan tambahan yang Anda berikan dapat memuaskan pelanggan.
Penjual yang terlalu fokus mengejar omzet (penjualan), namun kurang memperhatikan pelayanan sama saja dengan melakukan tindakan hit and run. Terus-menerus mencari pelanggan tanpa memperhatikan pelayanan berdampak buruk dalam jangka panjang. Mengapa ?
Pelanggan yang tidak puas, selain tidak membeli kembali dari Anda atau mengurangi jumlah pembelian, dia akan bercerita kepada … orang lain. Jika ini terjadi maka dapat dibayangkan, image perusahaan Anda akan turun di mata pelanggan. Sebaliknya pelanggan yang puas akan bercerita kepada … orang lain, dan membeli kembali dari Anda.
Dalam proses penjualan, penjual merupakan garda terdepan dari perusahaan yang berfungsi melayani pelanggan. Mengapa dikatakan melayani ?
Melayani berarti memenuhi kebutuhan pelanggan, memberikan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tepat di sini berarti produk tersebut benar-benar dibutuhkan oleh pelangggan baik dari segi manfaat, harga, dan jaminan yang diberikan seperti pelayanan pasca penjualan jika ada komplain dari pelanggan. Produk yang dijual kepada pelangganbenar-benar membantu pelanggan, bukan bisnis tipu-tipu. Ini akan terjadi jika penjual benar-benar mengetahui kebutuhan pelanggan.
Melayani kebutuhan pelanggan dimulai ketika penjual berusaha mengetahui kebutuhan pelanggan sehingga dapat memberikan produk yang tepat kepada pelanggan. Anda menjelaskan dengan baik sehingga pelanggan mudah mengerti saja sudah bisa memuaskan pelanggan.
Melayani berrarti membantu pelanggan, membantu kesulitan yang dihadapi oleh pelanggan atau membantu memberikan solusi terhadap permasalahan pelanggan. Pelanggan yang menghadapi problem dengan keuangan terbatas, Anda dapat membantu cara pembayaran yang meringankan pelanggan. Anda adalah konsultan bagi pelanggan, tempat bertanya dan tempat meminta nasihat untuk yang terbaik bagi pelanggan. Jadikan itu kesempatan untuk membantu pelanggan.
Melayani berarti menepati janji. Apa yang sudah Anda janjikan, jadikan itu sebagai komitmen Anda. Jika Anda mengatakan bahwa barang akan dikirim hari itu, tepati janji dan yakinkan bahwa barang itu akan terkirim pada hari itu juga.
Pada waktu saya menawarkan rumah kepada salah seorang klien saya, terlebih dahulu saya berdiskusi tentang rumah yang diinginkan, lokasi yang diinginkan, termasuk budget yang dimiliki. Selanjutnya saya dapat dapat menunjukkan rumah yang sesuai dengan minat dan budget klien.
Saya berusaha menjelaskan dengan jujur situasi dan kondisi rumah, lingkungan sekitar rumah, fasilitas yang tersedia di dekat rumah, akses ke jalan umum dan sekolah, dan juga tentang keamanan lingkungan. Yang tidak kalah penting adalah menjelaskan dan membantu klien memberikan jalan bagaimana memperoleh kemudahan kredit. Mengetahui dengan jelas tentang hal tersebut membuat klien merasa nyaman. Saya juga menepati janji mengantarkan pelanggan kepada notaris dan ke bank untuk memudahkan pemberian fasilitas kredit.
Dan dia akan berkata,”Nah rumah seperti inilah yang saya cari, terima kasih atas penjelasannya”. Tentu semua penjelasan itu didasari atas keterangan yang jujur.
Dengan pelayanan seperti itu, maka konsumen akan merasa puas dan bersedia mereferensikan temannya untuk menemui saya jika membutuhkan rumah.
Jadi, prinsip menjual pada dasarnya adalah melayani.
Selling is a service !
About Me
- I Made Wirya Saputra, SE, MM
- Seorang dosen, trainer dan praktisi serta pengamat di bidang marketing, manajemen, dan bisnis.
Labels
- Berita Pendidikan (2)
- Customer Service (12)
- Kepuasan Pelanggan (7)
- Logistik (4)
- Manajemen (10)
- Marketing (41)
- Motivasi (56)
- Pelayanan Memuaskan (27)
- Quotes (1)
- Self Improvement (11)
- Selling (11)
- Time Management (2)
Thursday, November 4, 2010
Selling is a Service
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment