Wednesday, November 10, 2010

Berikan kepuasan Total kepada Pelangggan

. Wednesday, November 10, 2010

Salah satu aasan pelanggan membeli produk atau menggunakan jasa Anda adalah karena produk Anda mampu menyelesaiakan masalah-masalah yang dihadapi pelanggan. Jadi dalam hal ini produk Ada adalah merupakan alat pemecahan masalah.

Namun perlu disadarai, bahwa di pasar saat ini banyak tersedia produk yang sejenis dengan produk yang Anda tawarkan, atau bahkan banyak yang produk yang sama dengan produk Anda, atau banyak produk yang memberikan manfaat yang sama dengan produk yang Anda tawarkan. Ini berakibat pada banyaknya pilihan pelanggan pada suatu produk, dan pelanggan juga mudah berpindah dari produk yang satu ke produk yang lain.

Selain itu, informasi yang tersedia bagi konsmen saat ini sangat banyak , apakah melalui media televisi, media cetak, media internet atau menggunakan media sosial seperti facebook, friendster dan sebagainya. Dengan banyaknya informasi yang tersedia, maka konsumen saat ini sudah menjadi semakin terdidik dan pintar untuk memilih produk atau jasa.

Konsumen yang sudah semakin terdidik dengan gempuran berbagai informasi tersebut tentunya bebas untuk memilih produk yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Pada umumnya, pelanggan akan mencari kepuasan dengan mempertimbangkan produk yang dibeli, perusahaan yang memproduksi atau mendistribusikan produk tersebut, dan yang terpenting adalah orang yang menjual.

Jadi penting bagi sales executives untuk mengetahui ketiga hal tersebut untuk bisa memberikan kepuasan menyeluruh kepada pelanggan. Untuk bisa memuaskan konsumen maka sales executives harus berpikir dari sudut pandang pelanggan. Lalu apa kira-kira yang dipikirkan pelanggan sebelum mereka membeli ?

Yang jelas, produk harus berkualitas. Sulit untuk menjual produk yang tidak berkualitas. Kalaupun bisa, biasanya penjualan tidak berkelanjutan atau pelanggan tidak akan membeli produk tersebut secara berulang. Produk yang berkualitas biasanya mempunyai reputasi yang baik di pasar. Reputasi yang baik ini bisa dilihat dari pengalaman-pengalaman pelanggan, atau berita-berita tentang produk Anda. Produk juga harus memberikan manfaat bagi pelanggan. Manfaat di sini bisa berarti manfaat riil, atau manfaat emosional.

Berkaitan dengan perusahaan, pelanggan akan lebih percaya kalau perusahaan yang memproduksi produk tersebut mempunyai reputasi yang baik. Produk-produk Unilever dijamin produk yang dihasilkan berkualitas. Demikian juga, PT Telkom telah diakui sebagai perusahaan telekomunikasi yang dipercaya memberikan pelayanan dan menghasilkan produk berkualitas.

Berkaitan dengan perusahaan, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah sistem penjualan atau pelayanan yang diberikan oleh perusahaan atau sales executives. Ini dilakukan dengan memberikan kemudahan bagi pelanggan misalnya kemudahan dalam melakukan pesanan/ membeli, kemudahan menghubungi Anda, kemudahan cara pembayaran, dan kemudahan-kemudahan lainnya yang diperlukan pelanggan Anda.

Yang sering menjadi pertimbangan bagi pelanggan untuk membeli adalah orang yang menjual yaitu Anda sebagai sales executives. Banyak kejadian, seseorang bersedia membeli (lagi) karena sales executives nya adalah orang lebih dipercaya, mempunyai track record yang baik, mampu memberikan solusi bagi pelanggan, dan bersahabat dengan pelanggan. Bahkan pernah terjadi, pelanggan tetap membeli dan bersedia berpindah produk atau perusahaan karena sales executives pindah ke perusahaan sejenis.

Jadi yang jauh lebih penting dari semua hal tersebut adalah sikap dan perilaku Anda sebagai sales executives. Oleh karena itu, bangunlah reputasi Anda dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, bersahabatlah dengan pelanggan, perlakukan pelanggan sebagai seorang sahabat sehingga pelanggan akan selalu mencari Anda untuk masalah-masalah yang dihadapi pelanggan.

Jadi siapkan diri Anda untuk dapat memberikan kepuasan total kepada pelanggan dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut di atas yaitu produk yang Anda tawarkan, sistem penjualan dan pelayanan, reputasi perusahaan dan reputasi Anda sendiri.

1 comments:

lin lin said...

mainkan game kesayangan kamu di donacopoker dan dapatkan bonus 2x setiap harinya dan ada yang menarik dari donacopoker di tahun baru nanti donacopoker akan memberikan bonus deposit sebesar 50.000 tunggu apalagi jangan samapai kehabisan
Agen poker online
Agen poker online
Judi Kartu Online
bandar qq donacopoker
jadi tunggu apalagi hubungi kontak di bawah ini agar kamu tidak penasaran lagi
BBM : DC31E2B0
LINE : Donaco.poker
WHATSAPP : +6281333555662

Post a Comment