Wednesday, March 10, 2010

Marketing Kit

. Wednesday, March 10, 2010


Pernah suatu ketika penulis dikunjungi oleh seorang tetangga yang menawarkan suatu produk asuransi. Dengan semangatnya dia menjelaskan tentang produk-produk dan manfaatnya bagi kita serta pengalaman-pengalamannya. Presentasinya cukup meyakinkan. Namun sayangnya, ketika penulis meminta brosur dan ilustrasi lebih detail, dia tidak membawa selembar pun brosur atau sarana marketing lainnya. Penulis menjadi kecewa dan akhirnya kurang percaya kepada orang tersebut.


Berbeda dengan pengalaman penulis waktu penulis dan istri bergabung di ERA. Pada waktu presentasi kepada calon klien, penulis dibekali dengan marketing kit yang sangat lengkap. Pada waktu presentasi penulis bisa menunjukkan sebuah marketing kit dalam bentuk sebuah buku yang memuat materi presentasi secara urut sehingga presentasi pun dapat lebih meyakinkan. Selain itu, formulir-formulir secara lengkap harus dibawa pada waktu presentasi sehingga jika terjadi deal, semuanya sudah dapat diproses pada waktu itu. Demikian pentingnya sebuah marketing kit, karena dapat memberikan informasi yang lengkap kepada calon klien tanpa ada satu pun informasi yang terlewat disampaikan kepada calon klien menjadi sangat memudahkan penulis dalam melakukan presentasi kepada calon klien.


Saat ini, setiap pemasar biasanya sudah membawa sebuah lap top sehingga presentasi dapat dilakukan dengan menggunakan lap top. Bahkan ilustrasi pembayaran atau investasi dapat dijelaskan secara langsung di depan klien dengan berbagai skenario, sehingga tugas seorang pemasar pun lebih mudah.


Marketing kit memang dapat meringankan tugas seorang pemasar, namun di saat sekarang ini, masih banyak petugas pemasaran yang hanya mengandalkan ingatan semata tanpa dibekali dengan marketing yang memadai. Akhirnya calon klien yang sudah antusias mendengarkan presentasi akhirnya kecewa karena tidak mendapatkan informasi yang cukup dari pemasar.


Sudahkah Anda memiliki sebuah marketing kit untuk membantu presentasi Anda. Jika belum ada baiknya Anda mempersiapkannya. Bagi Anda seorang manajer pemasaran, marketing kit seharusnya disiapkan secara standar bagi staf pemasaran Anda, sehingga mereka mempunyai alat pemasaranyang standar yang bisa dijadikan acuan dalam melakukan presentasi pemasaran.

1 comments:

Dharmaputra Akis said...

perkenalkan nama saya Muhammad Akis Dharmaputra dari D3 kepariwisataan UGM Sekolah Vokasi
saya sekarang sedang melakukan penyusunan karya ilmiah tentang Desa Wisata.
yang saya ingin tanyakan kepada bapak adalah bagaimana pak pembuatan dan penyusunan marketing kid untuk Desa Wisata yang tepat menurut bapak ?? dan saya mohon petunjuk referensi buku nya pak . terimakasih banyak untuk bantuan bapak

Post a Comment