Thursday, January 14, 2010

Building Network

. Thursday, January 14, 2010

“The main purpose of a salesperson is not to make sales, but create customers”

Gerhard Schwandtner


Anda pasti sudah pernah mendengar Multi Level Marketing (MLM) bukan ? Mereka yang sukses dalam bisnis MLM adalah mereka yang bisa membangun jaringan. Oleh karena itu mereka menamakan bisnis mereka sebagai bisnis networking. Ini berlaku di bisnis apa pun, tidak hanya di bisnis MLM. Bahkan Anda sebagai Marketing Executive harus mau mengakui bahwa sukses Anda ditentukan bagaimana Anda bisa membangun jaringan.



Tidak percaya ? Cobalah Anda pikirkan, darimana Anda bisa memperoleh pelanggan-pelanggan Anda ? Apakah pelanggan datang sendiri kepada Anda kemudian langsung membeli dari Anda ? Ya, betul, tetapi semua itu pasti ada penyeabnya. Cobalah Anda perhatikan orang-orang yang sukses di bidang penjualan atau sebagai Marketing Executive. Sebagian besar pelanggan yang diperoleh tentulah berasal dari network yang dibangunnya.



Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk membangun network? Network sebenarnya dibangun dengan mengumpulkan data-data mengenai orang-orang yang Anda temui serta pelanggan-pelanggan Anda, baik mengenai pekerjaan, kebutuhan, atau minatnya.



Dari data base yang Anda miliki, hubungilah mereka minimal satu orang dalam satu hari, pelanggan Anda harus Anda hubungi, tidak harus melalui surat, tetapi SMS, atau email bisa Anda manfaatkan. Beri pujian kepada mereka yang kira-kira menyenangkan mereka.



Untuk membangun network, Anda juga bisa bergabung dengan organisasi atau asosiasi yang merupakan target market Anda. Misalnya, Anda bisa memperluas network Anda dengan cara bergabung atau menjadi anggota asosiasi bisnis tertentu. Sebutlah Asosiasi Manajer Indonesia, Indonesia Marketing association (IMA), Palteki, atau club-club tertentu akan dapat memperluas network Anda. Catatlah nama-nama orang yang Anda temui.



Selain Anda mengenal orang lain, yang penting dari keikutsertaan Anda di asosiasi tersebut adalah bagaimana agar orang-orang mengenal Anda. Bagaimana supaya orang lain mengenal Anda ? Jika mungkin Anda bisa menjadi pembicara pada suatu acara yang diadakan asosiasi tersebut. Mungkin untuk sebagian besar orang akan sulit untuk mendapatkan kesempatan itu. Tapi Anda bisa memperkenalkan diri Anda kepada sebanyak mungkin orang dengan menyebarkan kartu nama Anda. Ajaklah mereka untuk berbicara tentang suatu hal yang menarik bagi pelanggan Anda. Mereka akan senang bila pembicaraan mengenai hobi mereka, dunia mereka atau hal-hal lain yang mereka senangi. Yang penting di sini adalah Anda harus berani menyapa orang lain. Berani memulai pembicaraan kadang sulit bagi orang-orang tertentu. Anda bisa mencobanya dengan mulai tersenyum kepada banyak orang. Mereka akan membalas senyuman Anda dan disitulah waktunya Anda menyapa.



Untuk memperluas network Anda, jadikan pelanggan Anda sebagai basis informasi untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru. Network Anda akan semakin luas dengan minta referensi dari pelanggan Anda. Mereka yang puas akan senang hati memberikan referensi mengenai teman-teman mereka. Pembelian yang telah dilakukan oleh pelanggan Anda dapat Anda tunjukkan kepada calon pelanggan Anda. Oleh karena itu, daftar para pelanggan Anda bisa Anda kemas dalam bentuk yang lebih menarik sehingga mampu meyakinkan orang lain. Di suatu rumah makan saya pernah melihat foto-foto pelanggan mereka yang dipajang sehingga orang banyak bisa melihatnya. Anda pun bisa menampilkan pelanggan Anda dalam sebuah buku pelanggan Anda dengan kemasan yang menarik.



Menyebarkan kartu nama sering dilakukan pada suatu acara-acara pesta tertentu. Misalnya pada suatu pesta perkawinan, penyedia jasa katering dapat menyebarkan informasi tentang perusahaan kepada banyak pengunjung. Melalui cara ini, semakin banyak orang akan mengenal Anda.



Anda juga bisa membangun network dengan membantu pelanggan Anda meskipun tidak ada hubungannya dengan pelanggan Anda. Orang-orang ini akan merasa berhutang budi dengan Anda, dan jika mereka membutuhkan jasa Anda, mereka akan memesannya dari Anda.



Itulah pentingnya network, marketing executive tidak akan bertahan lama di bidang penjualan jika mereka tidak berhasil membangun network. Anda bisa membangun network dengan menggunakan pelanggan-pelanggan Anda sebagai sumber referensi, buatlah agar orang lain mengenal Anda, usahakan agar Anda semakin banyak mengenal orang lain baik dengan cara menyebarkan nama dan perusahaan Anda melalui kartu nama anda, atau dengan melakukan farming (sebar leaflet atau jasa Anda).

0 comments:

Post a Comment