Thursday, December 24, 2009

Start from SMALL !

. Thursday, December 24, 2009

“Perjalanan beribu mil dimulai dengan satu ayunan langkah”.


Demikian pepatah yang sering kita dengar. Untuk memulai sesuatu kita tidak bisa menyelesaikanya sekaligus. Seperti halnya perjalanan di atas, kita harus mulai dari yang kecil. Jika hendak menempuh perjalanan, sepertinya mustahil untuk melewati nya. Mulaiah selangkah demi selangkah.


Sama halnya untuk memakan ikan hiu, kita tidak bisa melakukannya sekaligus, tetapi harus dengan memotong-motong ikan hiu itu menjadi potongan-potongan kecil. Nampaknya mustahil kalau kita sekaligus memakan ikan hiu tersebut.


Dapatkah Anda mematahkan sapu lidi sekaligus ? Saya berani bertaruh, Anda tidak bisa. Kecuali kalau Anda mengambil satu demi satu atau beberapa lidi kemudian mematahkannya satu per satu, barulah Anda bisa berhasil.


Bagaimana cara Anda membaca buku setebal 400 halaman ? Melihat buku yang tebal tersebut, mungkin hati kita akan ciut. “wah… tebal amat !”. Namun kalau kita lihat bab per bab, kemudian halaman- per halaman, kita akan menjadi semangat. Mustahil membaca buku sekaligus ! Kita harus memualinya bab per bab dan halaman per halaman. Sesuatu yang mustahil kelihatannya, akhirnya menjadi mungkin. Anda pun bakal terkagus-kagum melihat hasilnya.


Mulailah dari yang kecil, berdikit-dikit menjadi bukit. Melakukan sesuatu harus direncanakan. Pecahlah pekerjaan Anda menjadi bagian-bagian yang mudah dikerjakan. Tetapkan tenggat yang pendek dan penuhi itu. Anda akan berhasil menyelesaikannya.


Selamat bekerja.

0 comments:

Post a Comment