Thursday, December 24, 2009

Proses dan Hasil

. Thursday, December 24, 2009

Kemain saya berdebat dengan teman saya tentang “konsep proses” dan “konsep hasil”. Apa bedanya ? Cobalah Anda simak percakapan berikut.

“Apa yang bisa Anda lakukan pada proyek ini besok ?”


“Kita akan mengadakan pembahasan dengan tim yang sudah dibentuk”.


“Apa tujuan pembahasan itu ?”


“Kita akan mencoba mencari solusi agar proyek ini bisa disetujui oleh BOD”.


Ini bukanlah jawaban bagus. Mencoba bukan tindakan bagus. Mencoba berarti tidak berkomitmen, karena mencoba mencari solusi . Jika Anda mendatangi sebuah pertemuan pembahasan dengan tujuan sekedar ‘mencoba’, maka Anda akan gagal !


Suatu kali Anda bertanya,”Bisakah Anda membereskannya sampai besok siang ?”, jawaban staff Anda “Akan saya coba”, jangan pernah dipercayai, paling tidak, cobalah untuk tidak percaya.


Saya teringat dengan pidato seorang direktur lembaga pendidikan pada waktu saya diundang mengikuti wisuda mahasiswa. Beliau bercerita, pada waktu wawancara melamar kerja pertama kali, beliau ditanya,"Bisakah Anda membuat laporan keuangan?". dengan mantap beliau menjawab,"Bisa pak !".


Dengan komitmen penuh, beliau kemudian membuktikan diri bahwa beliau sanggup berkat komitmen itulah beliau berhasil diterima bekerja pertama kali.


Banyak orang yang menganggap “proses” sebagai solusi yang memuaskan, padahal itu SALAH. Memperoleh “hasil” itulah solusi yang memuaskan.


0 comments:

Post a Comment