Tuesday, October 6, 2009

Berpikirlah seperti pembeli

. Tuesday, October 6, 2009
0 comments

Jika Anda sebagai seorang pembeli, apa yang Anda pikirkan sebelum membeli. Harga, kualitas produk, dll. Semua itu tentu akan menjadi pertimbangan bagi pembeli.


Mengetahui bagaimana pembeli berpikir sebelum mengadakan pembelian penting dilakukan oleh seorang penjual. Jika sales tahu apa yang dipikirkan oleh pembeli maka sales akan tahu bagaimana mengatasi masalah-masalah yang dihadapi pembeli.


Apa saja masalah-masalah yang mungkin dipikirkan oleh pembeli ?


Pertama : calon konsumen berpikir bahwa harga barang yang ditawarkan mahal. Jangan dibiarkan konsumen berpikir bahwa harga barang tersebut mahal atau jelaskan manfaat yang dimiliki produk tersebut sehigga jelas mengapa harga nya demikian.


Kedua : calon pembeli Anda ragu dengan kualitas produk Anda. Anda harus bisa menjelaskan bagaimana kualitas produk yang Anda tawarkan, dan Anda harus mampu mencari keunggulan-keunggulan produk yang Anda tawarkan.


Ketiga, calon pembeli membandingkan dengan produk lain atau perusahaan lain. Biasanya calon pembeli suka membandingkan dengan produk lain. Anda baru boleh menjelaskan dan membandingkan dengan menyebut merek produk lain jika calon pembeli Anda menanyakannya. Tidak etis jika kemudian Anda langsung membandingkannya dengan merek produk lain.


Keempat : calon pembeli ragu dengan manfaat barang yang ditawarkan. Terkait dengan masalah satu dan dua di atas, Anda bisa menunjukkan atau mendemokan cara kerja barang tersebut, penggunaannya, kinerjanya atau menunjukkan tanggapan positif orang yang sudah membeli produk Anda. Tampilan data-data otentik akan sangat bermanfaat dalam menjelaskan manfaat produk Anda.


Kelima : faktor emosional. Bagaimana perasaan konsumen setelah melakukan pembelian khususnya tanggapan lingkungan terhadap pembelian yang dilakukan. Misalnya jika pembeli membawa barang yang telah dibelinya mungkin dia akan mendapat komentar dari temannya atau keluarganya. “Masak barang begitu yang kamu beli”. Ini adalah sisi emosional pembeli.


Masalah-masalah yang dipikirkan oleh pembeli harus dapat diatasi agar calon pembeli tidak ragu-ragu membeli produk Anda.


Sedapat mungkin sales harus mengetahui kemungkinan-kemungkinan apa yang dipikirkan pembeli. Dengan demikian akan mudah mengatasi masalah yang diajukan calon pembeli Anda.


Jadi, ketahui masalah yang dipikirkan pelanggan dan penjualan akan menjadi lebih mudah.

Read More »»